Pemkab Aceh Barat Seleksi 32 Siswa Lulusan SMK

Pemkab Aceh Barat Seleksi 32 Siswa Lulusan SMK

0

Wali-news.com, (Meulaboh) — 32 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Aceh Barat, diseleksi oleh Pemda setempat untuk melakukan pemangangan ke Jepang melalui program Kementrian Ketenakerjaan RI yang bekerja sama dengan Negeri Sakura itu.

Kepala Bidang Tenagakerja pada Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Aceh Barat, Thalea Neldy mengatakan, para lulusan SMK yang direkomendasikan dari berbagai sekolah tersebut, akan melewati proses tahapan yang panjang untuk dinyatakan lulus dan paten dalam mengikuti proses pemangangan ke Jepang.

“Pemkab Aceh Barat melalui Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi hanya melakukan seleksi tahapan awal, seperti fisik dan Matematika serta uji kedisplinan para calon peserta magang,” ujarnya, Selasa (23/1/2018).

Ia mengatakan beberapa tahun tahun terakhir pihaknya sudah berhasil menyeleksi puluhan pemuda untuk program tersebut, setidaknya 12 orang putra daerah setempat berhasil lolos dan berkesempatan mengeyah pendidikan di Negeri Sakura itu setelah melewati berbagai proses seleksi yang panjang.

Dikatakannya, Setelah melewati tahapan seleksi di kabupaten para calon peserta magang tersebut akan dilakukan uji tes kembali di tingkat provinsi hingga sampai ke tingkat Kementrian Ketenagakerjaan RI.

“Sepulang dari magang, beberapa diantaranya sudah berhasil membangun usaha swasta dan lebih banyak bergerak disektor otomotif dan perbengkelan, meskipun usaha mereka belum begitu besar, namun kemandirian dalam dunia kerja itu sudah tumbuh,” katanya

Dijelaskannya, para alumni yang telah melakukan proses magang ke Jepang, sepulang dirinya ke daerah asal yang paling berharga dari mengikuti pemagangan ke Jepang tersebut, adalah ilmu serta keterampilan kerja dan kemampuan alumni tersebut mampu mengembangkan sebuah usaha yang mandiri ketika kembali ke daerah.

“Tujuan dari pemagangan tersebut salah satunya untuk menghasilkan tenagakerja yang profesional, peserta magang nantinya juga akan dibuatkan kontrak kerja dengan perusahaan-perusahaan besar selama dua tahun,” tandasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan