Pemkab Aceh Utara Gelar Sosialisasi Bursa Inovasi Desa Di Kecamatan Syamtalira Bayu

Pemkab Aceh Utara Gelar Sosialisasi Bursa Inovasi Desa Di Kecamatan Syamtalira Bayu

0

wali-news.com, Aceh Utara – Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan setempat. Selasa (27/8/19).

Kegiatan BID ini secara resmi dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Aceh Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas DPMPP-KB Kabupaten Aceh Utara Fakrurradhi, SH, MH.

Dalam sambutannya, Ketua TPIG Kecamatan Syamtalira Bayu, Tgk. Bantaruddin menyampaikan, bahwa acara ini diikuti oleh seluruh Gampong yang ada di Kecamatan Syamtalira Bayu sebanyak 38 Gampong dengan total peserta 114 orang. Setiap Gampong dihadiri oleh Geuchik, Ketua Tuha Peut dan satu orang tokoh perempuan.

“Acara BID ini digelarkan sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, dan merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan desa,” kata Bantaruddin.

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan BID ini membuat pemerintah desa memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa, serta menggunakan Dana Desa (DD) secara lebih optimal, inovatif dan berkualitas.

Kemudian ia melanjutkan, Bursa Inovasi Desa di kecamatan Syamtalira Bayu, langsung dipandu oleh para pendamping Profesional TAPM, PD dan PLD, acara tersebut juga turut dihadiri para Stakeholder dan Instansi terkait yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Bantaruddin, BID tersebut wajib dilaksanakan di kabupaten di seluruh Indonesia dan dikelola oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Namun pada 2019, BID dilaksanakan di tingkat kecamatan yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan, sehingga lebih dekat ke desa. Baik dilaksanakan di kecamatan maupun Cluster Kecamatan. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jpu Tak Hadir Lagi. Sidang Kasus Mas Kurang Kadar Kembali Ditunda

Wali-news.com, Banda Aceh – Kuasa hukum Sunardi, Razman