Pemkab DS Gelar Rakor Penanganan Konflik Sosial

Pemkab DS Gelar Rakor Penanganan Konflik Sosial

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Deliserdang,WaliNews – Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Deli Serdang,menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penanganan Konflik Sosial,  Selasa (22/10) di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang , dibuka Wakil  Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, dihadiri seluruh Tim Penanganan Konflik Sosial Kab Deli Serdang, pimpinan OPD dan para Camat, dengan  narasumber  Kaban Kesbang Pol Deli Serdang Togar Panjaitan,    Kabag Ops Polres Deli Serdang Kompol Bambang Rubianto,  Pasi Ops Kodim 0204/DS S.Sembiring, ,  Kodim 0201/BS  Mayor Inf A. Nasution, Polrestabes Medan , Polres Belawan dan  Ketua FKUB  H Waluyo.

Wakil Bupati  Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar  dalam sambutanya menyampaikan bahwa segala potensi konflik selalu mengiringi perjalanan hidup manusia. bahkan sebagian orang mengatakan, bahwa selama kehidupan masih ada, maka konflik tetap akan menjadi bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, apalagi di era pesatnya kemajuan teknologi saat ini, dimana di berbagai aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi dan budaya, penuh dengan berbagai dinamika yang berdampak dan mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai nilai didalam tata kehidupan masyarakat.

“Kita patut bersyukur, kondisi wilayah Kabupaten Deli Serdang sampai saat ini, masih terkawal dengan baik, aman dan kondusif, yang ditandai dengan masih terbinanya kehidupan yang rukun, damai, saling menghargai dan menghormati antara satu dengan lainnya.” kata Yusuf Siregar.

Diingatkan juga , dengan diselenggarakannya  rapat koordinasi tim terpadu penanganan konflik sosial ini,  tujuan utamanya adalah, untuk semakin menguatkan komitmen kita bersama, didalam hal mencegah terjadinya berbagai konflik di kabupaten yang sama kita cintai ini.

Selain itu, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar  juga berharap, agar  forum ini dimanfaatkan untuk saling memberi dan berbagi informasi, sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan nya dapat kita wujudkan. ,” pungkas   Yusuf Siregar.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Togar Panjaitan,menjelaskan bahwa tugas Tim Terpadu  Penanganan  Konflik Sosial  ini  untuk  menyususn rencana aksi terpadu tim  di Kabupaten Deli Serdang, mengkordinir, mengarahkan  dalwas. Penanganan konflik, memberi info kep[ada publik tentang terjadinya  konflik dan upaya penanganannya, melakukan upaya  pencegahan melalui sistem peringatan dini,merespon cepat  dan selesaikan  secara damai semua   permasalahan yang berpotensi  timbulkan konflik dan  membantu upaya penanganan  pengungsi  serta  pemulihan pasca konflik (rokonsiliasi, rehabilitasi serta rekonstruksi).

Karenanya, Tim ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak, sehingga ketika terjadi permasalahan, dapat ditangani secara cepat dan mendapatkan solusi yang tepat. kata Togar Panjaitan.

Dari paparan beberapa narasumber mengatakan  bahwa situasi dan kondisi saat ini  tergolong  kondusif , namun  perlu diwaspadai, masih  banyak  hal-hal yang  berpotensi menimbulkan konflik,  seperti permasalahan tanah garapan eks HGU PTPN II yang sampai saat ini belum terselesaikan, demikian juga dengan kehadiran ormas, organisasi pemuda yang  cukup banyak  yang tentu bisa saja  menimbulkan gesekan-gesekan maupun persaingan.

Karenanya Tim Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Deli Serdang harus  terus meningkatkan kesiagaan dengan   menjalin  koordinasi komiunikasi dan kerjasama , sehingga apa  yang menjadi tujuannya  benar-benar  bisa diwujudkan .

 

ICHWANUR

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

BINDA SULSEL SIAPKAN RIBUAN DOSIS VAKSIN DOSIS 2

BANTAENG – Badan Intelijen Negara (BIN) Sulawesi selatan,