Pentingnya Pariwisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Bangka Belitung

Pentingnya Pariwisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Bangka Belitung

0
Ketua DPC Permahi Babel Aprizal Palewa

Oleh : L.M APRIZAL PALEWA PUTRA S.H*

Provinsi kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung, ibukota provinsinya ialah Pangkalpinang, daerah ini sangat indah dengan panorama alam dan pariwisatanya yang sangat memukau dan memanjakan mata.

Pandemi Covid-19 memiliki dampak luar biasa terhadap sendi kehidupan di Bangka Belitung, khususnya angka kerugian yang ditimbulkan pun sangat besar. Salah satu industri yang terhantam paling keras adalah pariwisata. Menurut Penulis hampir semua negara dan kota di dunia menutup atau meminimalisir daerahnya dari kedatangan turis untuk menghambat laju penularan pandemi.

Sedangkan masyarakat Bangka Belitung dan di luar Daerah yang lebih memilih untuk stay at home dan keluar rumah hanya untuk kebutuhan primer sehari-hari. Hal ini bertolak belakang dengan kata jalan-jalan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan pariwisata merupakan sektor pertama dan yang paling terdampak  pandemi Covid-19.

Namun dalam era new normal, tata ulang dan market serta destinasi pariwisata Bangka Belitung itu sendiri perlu dipertimbangkan sejalan dengan aspek protokol kesehatan. Kolaborasi dengan sektor industri lain pun mungkin akan diperlukan misalnya penurunan tarif penerbangan untuk destinasi pariwisata yang berada di Bangka Belitung. Pemulihan harus dilakukan secara perlahan karena memang pandemi Covid-19 masih mengintai.

Menurut hemat penulis perlunya Pemerintah Bangka Belitung mengadakan pendidikan tata cipta kelola berbasis daring(online) dan harus memiliki standar yang baik sehingga roh pariwisata tetap terasa kuat dan menjadi nilai tambah Sumber daya. Sedangkan sumber daya manusia yang ada perlu didorong untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi, agar kedepannya tenaga kerja yang ada di daerah ini mampu mengaplikasikan dan mengontrol teknologi yang terus bergerak maju ke depan.

Demikian juga yang menjadi penting untuk kemajuan pariwisata di Bangka Belitung perlu adanya upaya melakukan kerjasama dengn influencer luar negeri dan domestik untuk mempromosikan pariwisata yang menjadi objek utama daerah ini, sebab saat ini influencer sangat berpengaruh khususnyadi media sosial sehingga akan sangat membantu untuk menarik wisatawan datang kembali ke Bangka Belitung.

Sebelum kembali mempromosikan pariwisata yang ada di Bangka Belitung perlu pembenahan destinasi wisata agar tidak terjadi kesalahan yang akan merusak pandangan wisatawan yang akan berkunjung nantinya. Hal ini akan akan berdampak pada jumlah wisatawan jika terjadi kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Dalam hal ini semua pihak harus saling bersinergi dan saling mengawasi demi keberlangsungan pariwisata di Bangka Belitung.  Diperlukan kerjasama perhotelan, restoran, airlines atau jasa penerbangan, pemerintah, termasuk para stakeholder, pelaku wisata lainnya bersatu. Pentingnya bekerjasama dengan perhotelan dan restauran untuk melakukan branding dan promo pariwisata seluas-luasnya sebab mayarakat baik domestik maupun mancanegara tentunya mengalami kejenuhan setelah berbulan-bulan menjaga jarak dengan cara berdiam dirumah. Situasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dapat menarik wisatawan agar memilih Bangka Belitung menjadi destinasi menghilangkan kejenuhan pasca penanganan pandemi Covid-19.

Menurut penulis pentinganya dukungan umumnya  pemerintah pusat dan khusunya pemerintah daerah serta masyarakan sangat dibutuhkan untuk memulihkan keadaan pariwisata Bangka Belitung. Seperti kita ketahui bersama seyogyanya pariwisata sebagai penyumbang ekonomi terbesar menjadi hal utama yang selayaknya diperbaiki pasca pandemi Covid-19

*Penulis merupakan Ketua DPC Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi Babel) / Alumnus Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (FH UBB)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

UU OBL Cipta Kerja Disahkan, Begini Tanggapan Wakil Ketua Komisi II DPRD Pangkalpinang

Pangkalpinang – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota