Penyebab Padamnya Listrik di Provinsi Gorontalo

Penyebab Padamnya Listrik di Provinsi Gorontalo

0
Kantor PLN Sulutenggo Provinsi Gorontalo, source : Google Street View

wali-news.com, Gorontalo – Beberapa hari terakhir wilayah Provinsi Gorontalo mengalami listrik padam secara tiba-tiba di waktu yang tidak menentu.

Padamnya listrik tersebut mengakibatkan lumpuhnya aktivitas perkantoran dan tempat-tempat umum lainnya terutama yang memerlukan listrik dalam kegiatannya dan kebetulan tidak memiliki genset darurat.

“ Padamnya listrik di Provinsi Gorontalo, 90% disebabkan oleh penebangan pohon  dalam rangka mencegah terjadinya gangguan terhadap fasilitas listrik. Sedangkan  sisanya disebabkan oleh adanya perbaikan dan penggantian fasilitas listrik yang sudah tua dan berkarat” ujar Humas PLN Provinsi Gorontalo, Saiful Djalil, Rabu (3/10/2018).

Selain itu ada juga faktor alam seperti angin kencang yang mengganggu instalasi listrik yang sensitif sehingga mengakibatkan padamnya listrik.

Sementara itu dalam menjaga performanya dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, PLN Provinsi Gorontalo selalu melakukan pemeliharan jaringan, melakukan pemangkasan pohon yang mengganggu fasilitas kelistrikan, pengecekan jaringan listrik, penggantian dan perbaikan jaringan listrik yang rusak dan sudah tua. Hal ini bertujuan untuk mencegah pemadaman listrik secara mendadak.

Apabila akan terjadi pemadaman secara terencana dan skala besar, maka akan diumumkan oleh pihak PLN Provinsi Gorontalo melalui media sosial dan koran setempat sehingga masyarakat tidak kaget ketika ada pemadaman listrik dan bisa segera mengantisipasinya.

“ Ini berarti  warga harus rela apabila  pohon miliknya ditebang untuk kepentingan umum. Hal ini dilakukan karena pohon-pohon tersebut sangat mengganggu jaringan listrik” tambah Saiful.

Jadi, kepada masyarakat Provinsi Gorontalo dihimbau agar memahami dan memaklumi adanya pemadaman listrik ini. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pengamanan ketika melakukan pemeliharaan jaringan dan perbaikan jaringan di Provinsi Gorontalo. (RC)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa

wali-news.com, Opini – Polisi Israel dilaporkan menyerang jemaah Muslim