Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 di Ambon

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 di Ambon

0
Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

Wali-news.com, Ambon – Sejumlah kelompok pemuda dari berbagai latar belakang ikut turut berpatisipasi dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kota Ambon. Bertempat di balai depan Kantor Gubernur Maluku dan di dekat Monumen Gong Perdamaian mereka berkumpul serta bersenda gurau antar sesama pemuda Ambon. (29/10/1019)

Dilengkapi dengan sound system seadanya, para pemuda Ambon ini ikut ambil andil dalam perayaan Sumpah Pemuda seperti musikalisasi Puisi, tampil akustik, dan orasi singkat tentang kepemudaan Ambon. Sementara itu para audiens yang juga pemuda Ambon sangat antusias dengan acara tersebut yang terbilang cukup sederhana.

Digagas oleh Komunitas “Oemah Kasih” yang merupakan komunitas relawan sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan seperti penggalangan dana untuk saudara yang lebih menbutuhkan. Syata panggilan akrabnya menjadi kordinator di acara tersebut, Si cantik manis asal Banjarmasin yang kini sedang berada di Ambon menjadi relawan pasca Gempa 26 September silam.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” Begitu kata Sokarno ketika hendak menyemangati para kaum pemuda untuk ikut berjuang membelas bangsa.

Di zaman milenial seperti sekarang telah berlangsung pembaruan era kepemudaan, seperti kata pepatah “Setiap zaman ada orangnya” sehingga setiap generasi memiliki eranya sendiri dalam memaknai kepemudaan tersebut.

Kembali ke peringatan Hari Sumpah Pemuda tadi para pemuda Ambon ini mengawalinya dengan Syukuran dengan memotong kue ulang tahun sebagai tanda hari jadi untuk semua pemuda Ambon. Beberapa orator yang turut serta menyampaikan pendapatnya tentang pemuda masa kini. Argumen demi argumen turut mewarnai peringatan tersebut.

Di rentetan acara tidak lupa para pemuda Ambon ini mendeklarasikan kembali kata demi kata yang tercantum dalam Sumpah Pemuda. Untuk mengingat kembali momen bersejarah yang membakar semangat kepemudaan Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa hanya dengan persatuan.

Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi. – Soe Hok Gie

(Putra)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aksi Kamisan Makassar ke-53, Bela Ramsiah

Wali-news.com, Makassar – Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi