Peringati Hari Pangan, Jokowi Rencanakan Stop Impor Jagung

Peringati Hari Pangan, Jokowi Rencanakan Stop Impor Jagung

0

wali-news.com – Presiden Jokowi berjunjung ke  Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-36, Sabtu (29/10). Dalam kunjungannya Jokowi didampingi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam kunjanganya tersebut, Jokowi menekankan pentingnya memperbesar stok pangan dalam negeri sebelum menginjak ke arah ekspor. Dirinya juga memaparkan saat ini stok nasional meningkat cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

“Data yang ada, September hingga Oktober tahun lalu stok kita 1.030.000 ton pada saat itu. Sedangkan tahun ini 1.980.000 ton. Peningkatannya drastis sekali. Tahun ini air melimpah, kedua penggunaan benih unggul juga menunjukkan hasil yang baik,” ujar dia.

Pemerintah terus menggenjot angka produksi hasil pertanian. Diharapkan, ke depan Indonesia tidak perlu lagi mengimpor komoditas pangan utama seperti beras, kedelai, dan jagung. Namun, sejauh ini pemerintah sudah mencoba tidak mengimpor beras 2016.

Selanjutnya, Jokowi juga ingin jagung yang disetop impornya. Ia optimistis produksi jagung meningkat dengan melihat Panen Jagung Hibrida Tongkol 2 Prolifik yang menjadi unggulan di Boyolali. Benih jagung jenis ini mampu menghasilkan jagung dua kali lipat dari biasanya.

“saya optimistis kalau semua kerja keras sampai bulan Oktober ini kita tidak impor (beras) dan saya pastikan sampai akhir Desember tidak impor,” ujar Jokowi dalam pidatonya

Jokowi menjelaskan, impor jagung pun sudah turun sampai 60 persen. Sebab, tahun lalu saat ia berkunjung ke Jawa Timur dan Kabupaten Dompu, NTT, petani mengeluhkan harga jagung yang rendah, yakni Rp1.500 per kilogram.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Akhir dari penantian, PLT Gubernur Aceh hadiri rapat di gedung DPRA.

Wali-news, Banda Aceh- Plt Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah,