Peringati Sumpah Pemuda, Koalisi Oposisi Jalanan Turut Gelar Aksi di Makassar

Peringati Sumpah Pemuda, Koalisi Oposisi Jalanan Turut Gelar Aksi di Makassar

0
Di Hari Sumpah Pemuda, sejumlah kelompok mahasiswa kembali menggelar aksi menuntut berbagai kebijakan pemerintah, Senin (28/10/2019), di Kota Makassar.

wali-news.com, Makassar – Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas dan kelompok gerakan kembali menggelar aksi demonstrasi di Kota Makassar, pada Senin (28/10/2019), dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Salah satu titik aksi terjadi di depan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Jalan Sultan Alauddin.

Unjuk rasa pun turut dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang menamai diri Koalisi Oposisi Jalanan. Mereka merupakan gabungan dari Gerakan Mahasiswa Kerakyatan (GEMAR), Koalisi Aktivis Mahasiswa Republik Indonesia (KAMRI), Pro Demokrasi (PRODEM), dan Komunitas Pergerakan Masyarakat Indonesia Sulawesi Selatan (KPMI Sulsel).

Berdasarkan pantauan wali-news.com, massa aksi dari Koalisi Oposisi Jalanan sempat menutup penuh badan jalan. Mereka berorasi dan menyuarakan sejumlah tuntutan.

Adapun empat tuntutan Koalisi Oposisi Jalanan, antara lain:

  1. Usut tuntas tindakan represifitas kepolisian pada momen September Berdarah.
  2. Self-Determination (Papua, rawat atau lepaskan).
  3. Stop komersialisasi kesehatan (Bubarkan BPJS).
  4. Tuntaskan reforma agraria dan tolak RUU Pertanahan.

Dalam orasi salah satu pengunjuk rasa, Abduh Mukhlis, mengatakan, mereka turun ke jalan untuk menyuarakan reformasi yang dianggap telah dikhianati pemerintah. Melalui momentum Hari Sumpah Pemuda, mahasiswa turun ke jalan untuk menyikapi berbagai problematika.

“Hampir 90 tahun lalu kaum muda mengucapkan ikrar seorang pemuda. Tapi spirit generasi muda saat ini justru dikurung habis-habisan oleh penguasa, kebebasan perpendapat, bahkan di media sosial sekalipun,” ucapnya.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sampah dan Aroma Busuk Masih Menyelimuti Bibir Pantai Losari

wali-news.com. Makassar – Masih nampaknya kumpulan sampah yang