Plt Gubernur Aceh Beri Inspirasi Kepada Peserta Seleksi CPNS

Plt Gubernur Aceh Beri Inspirasi Kepada Peserta Seleksi CPNS

0

wali-news.com, Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah memberikan inspirasi bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil yang tengah mengikuti ujian di ITC Banda Aceh, Jumat 16/11/2018. Nova mengibaratkan mereka yang tengah berjuang itu layaknya Presiden Amerika Serikat ke 16, Abraham Lincoln.

Nova meminta seluruh peserta untuk berjuang dengan ikhlas dan tidak menyerah meski hasil akhir nantinya barangkali tidak memuaskan.

“Kita harus berkaca pada Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln. Dia 10 kali mencalonkan diri jadi presiden dan gagal 9 kali,” kata Nova. Poinnya jangan pernah menyerah. Kalau ngak bisa saat baca soal, baca lagi.”

Nova menyebutkan, kehidupan saat ini begitu kompetitif. Tes PNS pun menjadi bagian dari kompetisi yang tentunya akan ada pemenang. Karena itu ia meminta seluruh peserta bekerja keras dan ikhtiar serta tak lupa berdoa. Ia mendoakan pada sesi itu seluruh peserta lolos passinggrade.

Sebagaimana diketahui, prosesi seleksi penerimaan PNS di lingkungan Pemerintah Aceh akan berakhir pada Sabtu 16/11/2018 besok. Sebanyak 9.017 peserta akan bersaing memperebutkan 779 kursi untuk beberapa instansi di Pemerintahan Aceh. Hingga hari ini, sebanyak 172 peserta dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar atau memenuhi passinggrade yang ditetapkan panitia seleksi.

Angka itu memang masih sedikit, mengingat waktu tes yang hanya tersisa dua hari. Namun Nova Iriansyah memastikan pemerintah Aceh akan mengupayakan agar seluruh kouta penerimaan pegawai yang telah diberikan pemerintah pusat untuk Aceh agar terpenuhi. “Yang penting kita harus penuhi seluruh kuota yang disediakan negara.”

Nova menyebutkan, pihaknya akan membicarakan di internal dan meminta internal Menpan RB untuk mninjau sistem passinggrade. Kemungkinan, kata Nova, pihaknya akan mengajukan 2 opsi, menurunkan passinggrade atau menghapus dan merangkingkan kebutuhan PNS berdasarkan kelulusan.

“Saya pasti kan harus sistem passinggrade harus diubah. Formasi kita mutlak harus dipenuhi. Kita tidak mau kouta yang diberikan sebagai hak kita dikembalikan ke negara,” kata Nova. Pihaknya bahkan mengajukan agar beberapa formasi spesifik seperti kesenian agar kuotanya ditambah.

Usai proses penyeleksian selesai, pihak pemerintah Aceh akan menyusun surat yang nantinya akan diantar langsung ke Menpan. Dengan demikian solusi terbaik akan bisa dibicarakan bersama. Selain ke Menpan Nova menyebutkan, ketidakcukupan kuota akan dibicarakan juga dengan presiden yang pertengahan Desember mendatang akan berkunjung ke Aceh.(red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kalangan Akademisi Dukung Perluasan Ibu Kota Provinsi Aceh

wali-news.com, Banda Aceh – Wacana perluasan Ibu Kota