Plt. Kadinkes Aceh Selatan Kunjungi Pasien Penderita Kaki Gajah di Sineubok Keuranji

Plt. Kadinkes Aceh Selatan Kunjungi Pasien Penderita Kaki Gajah di Sineubok Keuranji

0

Wali-news, Aceh Selatan – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita S.E.M.Kes mengunjungi pasien penderita penyakit kaki gajah di Desa Seuneubok Keuranji, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, Jumat (4/12/2020).

“Karena ada 3 orang kasus baru yg dilaporkan oleh Puskesmas Bukit Gadeng, maka kita langsung bergerak kesana agar pengobatannya bisa tuntas” Jelas Novi Rosmita

Didampingi Kabid P2P, Kasie P2P Menular, Kepala Puskesmas dan penjab filariasis, Novi Rosmita menjelaskan, kunjungan tersebut merupakan pelaksanaan program Pemerintah Pusat untuk menemukan kasus kaki gajah agar mendapatkan pengobatan. Sehingga target nasional untuk Aceh selatan 2021 agar dapat di eliminasi dapat tercapai.

“Penderita kaki gajah di Aceh selatan berjumlah 40 orang yang menyebar di beberapa wilayah dan yang terbanyak di kecamatan Trumon sebanyak 10 orang, tetapi saat ini dari 40 kasus tersebut sudah tuntas pengobatannya”. Jelas Novi.

Saat ini, lanjut Novi Rosmita, Aceh Selatan sudah melaksanakan program minum obat kaki gajah selama 5 tahun terakhir sampai 2020 karena tahun tersebut merupakan tahun terakhir dari program minum obat kaki gajah, sehingga pihaknya terus memberikan perhatian bagi penderita penyakit kaki gajah agar kedepan Aceh Selatan akan terbebas dari penyakit tersebut.

“Masyakat dapat membantu memutuskan penyebaran dengan meminum obat kaki gajah dan bagi tenaga kesehatan lebih aktif dalam melakukan skrining kesehatan terhadap masyarakat agar dapat menemukan kasus untuk dapat di obati”. Harap Plt. Kandikes Aceh Selatan yang aktif memberikan edukasi tentang kesehatan bagi masyarakat serta tersebut.

Dalam kunjungan tersebut pihaknya juga memberikan bantuan penambah nutrisi bagi pasien berupa bahan makanan berupa susu, telur dan kacang hijau.(Mlim)

Editor : Guevara Aceh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

BPKS dan Pemko Sabang Sepakat Tandatangani MoU Pengelolaan Pelabuhan Balohan

Wali-news.com, Sabang – Pemerintah Kota Sabang melakukan penandatanganan