Polda Aceh Cekup Empat Pelaku Penyeludupan Etnis Rohingya

Polda Aceh Cekup Empat Pelaku Penyeludupan Etnis Rohingya

0

Wali-news, Banda Aceh- Jajaran Kepolisian Daerah Aceh melalui Ditreskrimum telah mengamankan 4 pelaku diduga melakukan penyelundupan manusia etnis Rohingya, Sabtu 22 Juni 2020 lalu.

Mudus operandi mereka tergolong profesional dengan cara, tersangka sengaja menjemput para prngungsi di laut lepas di areal Seuneudon dengan menggunakan kapal ikan nelayan lokal di Aceh Utara, demi mengelabui petugas agar terkesan para pengungsi di selamatkan dari ganasnya laut.

Selanjutnya dengan menggunakan kapal tersebut, mereka menurunkan 99 orang etnis Rohingya, pada Kamis (25/6) sekira pukul 17.00 wib diturunkan di pinggir pantai Desa Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Ucap Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Pol. Sony Sonjaya, S. I. K yang didampingi Kabid Humas Kombes Ery Apriyono, S. I. K., M. Si kepada awak media, Selasa (27/10), saat ini keempat pelaku yang telah kita amankan, masing-masing berinisial FA (47), AS (37), R (32) dan SB (42). Sedangkan 2 pelaku lagi yang diduga terlibat dalam kasus itu berhasil lari, kini sudah kita tetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang ( DPO), mereka berinisial AJ dan AR.

TKP di Desa Lapang Kecamatan Seunudon dan Desa Lancok Kecamatan Syamtalira Aceh Utara.

Selain tersangka petugas juga mengamankan barang bukti berupa sejumlah telephon gengam, GPS MAP-585 warna hitam dan satu unit kapal penangkapan ikan nomor KM Nelayan 2017-811 (10 GT).

Para tersangka di jerat dengan UU RI No 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dengan melanggar pasal 120 ayat (1) tentang penyeludupan manusia.

Dengan ancaman pidana maksimal 15 Tahun kurungan atau denda Satu Milyar Lima Ratus Juta.(HP)

Editor : Chairan Manggeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bea Cukai Aceh Gagalkan Penyeludupan 6 Milyar Rokok Ilegal di Perairan Aceh

Wali-news.com, Lhokseumawe – Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh