Polisi Serahkan Rokok Ilegal Ke Bea dan Cukai Meulaboh

Polisi Serahkan Rokok Ilegal Ke Bea dan Cukai Meulaboh

0

wali-news.com, Meulaboh – Kepolisian Resort Aceh Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan barang kena cukai (rokok) ilegal ke Kabupaten Simeulue.

“Rokok Ilegal ini merupakan hasil penangkapan oleh pihak Kepolisian Aceh Selatan, kemudian diserahkan kepada kami,” Kata Hermansyah, Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi di Kantor Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai Meulaboh, Rabu, (13/2/19).

Hermansyah menyampaikan, Penangkapan Rokok Ilegal tersebut dilakukan oleh Kepolisian Resort Aceh Selatan pada Sabtu malam (9/2), di pelabuhan penyeberangan kecamatan Labuhan haji saat ingin melakukan penyeberangan ke Simeulue, kemudian barang penyeludupan tersebut diserahkan pada pihaknya.

Dalam siaran pers pihaknya menjelaskan, Barang kena Cukai (Rokok Ilegal) tersebut diterima dari pihak Kepolisian Aceh Selatan pada Minggu malam (10/2) sekitar pukul 22.00 wib, di mapolsek Labuhan haji.

“Serah terima tersebut dilaksanakan langsung oleh Kapolres Aceh Selatan, dan disaksikan oleh Dandim 0107/Aceh Selatan serta Danpos TNI AL labuhan haji,” Ujarnya

Hermansyah juga menerangkan, Rokok Ilegal yang diamankan tersebut berjumlah 153 karton, setiap kartonnya berjumlah 80 slop dan satu slop berjumlah 10 bungkus, total keseluruhan sekitar 2.448.000 juta batang.

“Barang selundupan tersebut bermerek DO Mild, diduga telah melanggar pasal 29 ayat 2a UU Nomor 29 Tahun 2017, tentang perubahan UU Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai yaitu pelanggaran berupa salah peruntukan” kata Herman.

Ia menambahkan, Penindakan terkait barang kena cukai berupa hasil tembakau tersebut, akan dilakukan pencacahan dan pengujian keaslian pita cukainya serta pendalaman lebih lanjut.

Barang ini diduga melanggar berupa salah peruntukkan, jadi ini bukan sanksi pidana, tapi melainkan lebih kepada sanksi administrasi. Diketahui pabrik Rokok Ilegal tersebut berada di Kudus, nanti akan ditagih kekurangan cukai oleh Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Pusat,” tegasnya, (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Giok Aceh kembali jadi Incaran kolektur Batu

Aceh Besar/wali-news.com Berbagai macam cara orang mencari kesenangan,