Prof Yusni Saby: Perppu No 2 Tahun 2017 Diterbitkan Untuk Menjaga Toleransi dan Kebhinnekaan Indonesia

Prof Yusni Saby: Perppu No 2 Tahun 2017 Diterbitkan Untuk Menjaga Toleransi dan Kebhinnekaan Indonesia

0

wali-news.com, Banda Aceh –  Peratuan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 2 Tahun 2017 tentang perubahan Undang-Undang No. 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, menurut Prof. DR. Yusni Sabi diterbitkan untuk menjaga toleransi dan kebhinnekaan Indonesia.

Hal ini diungkapkannya dalam diskusi publik  “Menjaga Toleransi dan Kebhinekaan Indonesia (Perppu No 2 Tahun 2017 Tentang Ormas),” yang digelar di 3 in One Coffee, Jalan Panglima Nyak Makam, Banda Aceh oleh Badko HMI Aceh, Selasa, (21/08/2017).

Menyangkut tentang kebhinnekaan, Prof Yusni selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, menyampaikan bahwa Indonesia sejak awal berdirinya memang selalu dalam pertarungan pandangan yang berbeda. Akan tetapi akan tetap menyatu dan persatuan tersebut terawat dalam kebhinnekaan yang terus berjalan dinamis.

Menurutnya, walau pun adanya konflik partai, ideologi, agama dan paling besar pada tahun 1953 dengan adanya pemberontakan, pada akhirnya perbedaan-perbedaan tersebut bisa dianulir oleh Kebhinnekaan.

“Perppu No. 2 tahun 2017 diterbitkan untuk menjaga toleransi dan Kebhinnekaan Indonesia,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, Prof. Yusni mengatakan tujuan dari Perppu ini untuk membedakan dan melindungi ormas yang mematuhi dan konsisten dengan UUD 1945. Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara suka rela berdasarkan persamaan aspirasi kehendak, kepentingan dan tujuan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Prof Yusni menambahkan dengan adanya Perppu No. 2 tahun 2017 ormas dilarang mengganggu ketertiban umum dan fasilitas umum atau melakukan kegiatan lainnya yang menjadi kewenangan penegak hukum.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan