Rahasia Sukses Ada Pada Niat yang Benar

Rahasia Sukses Ada Pada Niat yang Benar

0

Assalamulaikum Warah Matullahi wabarakatu.

Shabat dan saudaraku semua, kembali berjumpa dalam bersama kami dalam tausiah motivasi singkat.

Dalam pertemuan kali ini kita akan mengupas tentang kian Rahasia Succses kita.

Kita yentunya kerap bertanya-tanya :

Bisakakah kita :

  1. Bangun sebelum Tidur ?
  2. Tiba sebelum Berangkat ?
  3. Kenyang sebelum Makan ?
  4. Paham sebelum Belajar ?

Jawabannya adalah BISA

Bagaimana mungkin,
Seseorang yg batinnya sudah memastikan diri untuk bangun di jam 3 malam untuk menonton siaran langsung Pertandingan Sepak Bola Piala Dunia, bisa tepat terbangun di jam 3 malam tanpa menggunakan jam alarm sekalipun, saking tdk ingin terlewatkan siaran “live” tersebut, sementara itu ada orang yg berusaha setengah mati untuk bisa melaksanakan ibadah Sholat Tahajud dengan memasang alarm jam 3 malam, ternyata meskipun alarm tsb tepat berbunyi di settingan waktu yg sdh ditentukan, tetap saja tdk terdengar alarm tsb di telinganya karena lelapnya tidur yg sedang dinikmati. 

Kenapa bisa seperti itu ?
JAWABANNYA ADALAH NIAT.

Bayangkan, ada manusia yg sehari2nya selalu membayangkan di hatinya bahwa suatu hari dia akan sampai ke Tanah suci, padahal dia orang yg miskin yg tdk mampu, tiba2 kita mendengar dia terundang sebagai Tamu Allah untuk menunaikan Ibadah Haji melalui jalan yg tdk disangka2, sementara ada manusia yg sdh dikategorikan mampu melakukan Ibadah Haji namun sampai akhir hayatnya dia belum sempat menunaikan Ibadah Haji.

Apa yg membedakan 2 orang tsb diatas ?
JAWABANNYA ADALAH NIAT

Bukankah, saat kita melakukan ibadah Sahur di bulan Ramadhan walau hanya dengan sebutir Kurma, sanggup menahan rasa lapar hingga berbuka puasa saat magrib, sementara saat kita sedang tdk dalam keadaan Shaum, siangnya kita merasa lapar yg luar biasa, rasanya akan sangat lemas dan tidak berdaya bila dipaksakan bekerja sampai sore bila sampai melewatkan makan siang.

Kok bisa begitu ya ?
JAWABANNYA ADALAH NIAT

Bagaimana mungkin ada orang yg bisa begitu paham akan suatu permasalahan hidup hingga menjelaskan semua pertanyaan yg berkenaan yg ditujukan kepadanya, padahal sehari2nya dia bukan seseorang yg kutu buku, malah sesekali saat dia belajar akan sesuatu terlihat begitu santai melakukannya, sementara ada orang yg begitu giat membaca dan begitu sibuk belajar namun tak juga kunjung paham seperti orang yg satunya lagi.

Apa yg menyebabkan perbedaan tsb ?
Jawabanya adalah NIAT.
I

Hadits Tentang Niat:

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.

Artinya : Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatantergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan. (HR. Bukhary)

Bila Awal adalah Akhir, maka sebetulnya Niat yg ditetapkan di Awal sudah sampai di Tujuan Akhir, karena begitulah cara kerja Alam Semesta dalam Sunnahtullah-NYA.

Bila niat mencari jodoh dan rejeki udah benar maksud dan tujuannya, maka jodoh dan rejeki tersebut sebetulnya sudah mewujud di dalam batinnya, sisanya tinggal berusaha menjemput jodoh dan rejeki tsb dengan petunjuk demi petunjuk yg didapatkan dari usaha demi usaha.

Bagaimana mungkin kita hendak berpergian tanpa pernah menetapkan terlebih dahulu kemana hendak pergi ?

Bagaimana mungkin kita mau belajar akan sesuatu tanpa pernah menetapkan diri terlebih dahulu, ilmu apa yg kita hendak kita butuhkan, baru kemudian kita pelajari.

NIAT kesannya kita lakukan di AWAL, padahal dia adalah RAHASIA dibalik keadaan dan kenyataan pada AKHIR nya.

Semoga NIAT kita semuanya sudah benar adanya dan dijaga kemurniaanya karena Allah semata mata.

Aamiin

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh…

Penulis :
Tgk Muhammad Waliul Amri Waly Bin Abuya Djamluddin Waly Bin Abuya Syech Muhammad Waly Al-Khalidi

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Penderita Sembuh 131 Orang, Bireuen Dominasi Kasus Konfirmasi Covid-19

Wali-news, Banda Aceh—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang