Resah Rumah Ambruk, Warga Blang Guci Tak Tidur Malam

Resah Rumah Ambruk, Warga Blang Guci Tak Tidur Malam

0

Wali-news, Aceh Utara – Dua puluh Anggota keluarga di Gampong Blang Gunci Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara terangcam kehilangan tempat tinggal,Akibat abrasi susulan,Sungai(Kreueng)Kereuto semakin bertambah,Selasa (28 /07/2020)

Abrasi sungai Keureuto mengancam puluhan unit rumah yang berada di tepi tanggul aliran sungai tersebut semakin terkikis ,Hasil pantauan wali-news.com ini terlihat 3 unit Rumah warga sebahagian sudah terjatuh ke Bibir Sungai, namun pemilik nya tetap bertahan dirumah belum mengungsi walaupun rumah nya sudah rusak sebagian.

Salah seorang warga desa setempat Rajuli mengatakan,Abrasi awal pekan lalu menyebabkan tanggul terkikis dan amblas,Saat ini jarak tanggul dengan rumah Warga hanya menunggu roboh di sapu air sungai,Abrasi dengan kedalaman tanggul sekitar 7 meter juga menyebabkan tembok rumah warga hancur.

“Lihat saja keramik dan beton rumah juga sudah hancur Semua barang-barang yang ada di dalam rumah kami pindahkan, dan kami tidak tahu meski berbuat apa Kondisi dapurnya juga sudah retak. Setiap malam atau saat turun hujan, sejumlah warga ketakutan karena ancaman abrasi susulan karna setiap hujan turun tetap terjadi longsor,minggu lalu rumah ini masih jauh hujan deras kemaren sudah amblas dan kalau malam kita was was tidur karna takut rumah jatuh ke sungai (menghadapi abrasi, red),” tuturnya.(Yan)

Editor : Muzakkir

Geuchik Gampong Blang Gunci Paya Samsul Kamal, (35) mengatakan,upaya saat ini yang sudah dilakukan pihak nya menunggu kelanjutan proses dari pemerintah(Pemda) dan Dinas Terkait untuk langkah selanjut nya.

“menyangkut hal ini beberapa waktu lalu memang bapak wakil bupati Fauzi Yusup bersama dinas pengairan, BPBD,serta pihak kecamatan paya bakong telah meninjau langsung kelokasi abrasi sungai di desa kami,dan alhamdulillah kata pak wabup akan segera mencari solusi hal tersebut”.jelas nya.

Ia berharap pemerintah segera merealisasi pembangunan tanggap darurat untup antisipasi upaya pencegahan sementara dibangun di daerah aliran (DAS) sungai kereuto secepat nya,sehingga untuk laju kikisan tidak meluas hingga ke badan jalan utama penghubung antar desa sekecamatan paya bakong.

Sementara itu,Kepala sesi(KASI) Sungai dan Waduk, Dinas pengairan Kabupaten Aceh Utara Fahmi ST saat kami konfirmasi via Telpon Genggam nya Mengatakan,pihak nya bersama pemerintah kabupaten aceh utara ,telah meneruskan ke dinas pengairan Provinsi untuk terealisasi kendala tersebut,jelas nya.
“menyangkut hal abrasi Daerah Aliran sungai (DAS) krueng keureto gampong Blang gunci paya bakong saya bersama pak Wabup dan pak jafar sudah melihat langsung kondisi kejadian yang di alami oleh masyarakat setempat,dan hal ini sudah kami teruskan keprovinsi untuk tindak lanjut hal tersebut dan kita menunggu saja kapan waktu nya”kata nya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

MTsN Model Sembelih 5 ekor Sapi ditengah Pandemi

Wali-news, Banda Aceh– Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1