Ribuan Mahasiswa PMII Gelar Aksi Damai di Gedung DPRD Provinsi Lampung

Ribuan Mahasiswa PMII Gelar Aksi Damai di Gedung DPRD Provinsi Lampung

0

wali-news, Bandar Lampung – Ribuan masa aksi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) gelar aksi damai di Depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, terkait Revisi Undang-Uundang (RUU) yang akan melemahkan institusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga anti rasuah negara.

Koordinator aksi Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Agis Dwi Prakoso mengatakan penolakan revisi Undang-Undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa pasal-pasal yang direvisi akan melemahkan institusi KPK sebagai lembaga anti rasuah negara.

“Adanya revisi Undang-Undang juga akan mengganggu Independensi KPK. Jadi kami menolak UU KPK yang telah disahkan dan jangan menjadikan KPK sebagai alat politik,”kata Agis saat orasi di depan gedung DPRD provinsi Lampung, Senin (23/9/19).

Menurutnya, Anggota legislatif dan Eksekutif dianggap tidak mendengarkan aspirasi dari rakyat. Karena banyak pihak yang melakukan penolakan atas revisi UU KPK tersebut. Ia mencontohkan, ribuan massa melakukan aksi demonstrasi menolak RUU didepan kantor KPK dan DPR RI.

“Darisana kemudian muncul pergerakan lagi dari berbagai daerah untuk menolak RUU. Meski demikian, UU KPK telah resmi disahkan sebagai UU dalam rapat paripurna DPR-RI pada Selasa 17 September 2019 lalu,”ulasnya.

Senada Ketua Umum PKC PMII Ahmad Hadi Baladihum mengungkapkan, pihaknya selain menolak revisi UU KPK yang telah disahkan, ada dua tuntutan lainnya yakni stop menjadikan KPK sebagai alat politik negara.

“Dalam sistem demokrasi, kedaulatan berada ditangan rakyat. Maka sudah seharusnya badan Legislatif maupun Eksekutif negara mendengarkan dan mempertimbangkan apa yang telah disuarakan dan diinginkan oleh rakyat,” tegas Pupung panggilan akrabnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi kinerja KPK dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Fraksi Nasdem Provinsi Lampung Siti Rahmah mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti apa yang menjadi keluahan dan aspirasi dari maha siswa.

“Ini akan segera kita rapatkan ke pimpinan dan segera mungkin akan kita tindaklanjuti ke pusat, karena Nasdem memiliki perwakilan di DPR RI,” pungkasnya. (Nanda Adhi Prayoga)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Walikota Oxford Mengapresiasi Keberagaman dan Kebesaran Indonesia

Oleh : Yogi Pratama )* wali-news.com. Indonesia merupakan