Rusdi Idrus: Hanya Ulama yang Dipatuhi oleh Banser yang Dapat Membubarkan Ormas Banser

Rusdi Idrus: Hanya Ulama yang Dipatuhi oleh Banser yang Dapat Membubarkan Ormas Banser

0
gambar diambil dari www.google.comTrending Topic Banser di Twitter

wali-news.com, Makassar – Beberapa waktu lalu, sempat beredar isu pembubaran Ormas Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di jagat Twitter. Bahkan, tagar #BubarkanBanser menempati posisi kelima dalam trending topic dunia.

Topik itu sendiri tak bisa lepas dari tujuh tuntutan yang dibacakan Masyarakat Sorong, Papua Barat, pada Rabu lalu (21/8). Salah satu poin tuntutan adalah meminta Pemerintah Indonesia untuk membubarkan Banser.

Namun, tak sedikit pula tagar #BanserUntukNegeri turut menyaingi tagar #BubarkanBanser dengan menduduki posisi dua teratas trending topic Indonesia di Twitter.

Cuitan dukungan kepada Banser datang dari pemilik akun @kirekswasta. Dia menuliskan, “Rusuhnya karena siapa, yang disuruh bubar siapa?” #BanserUntukNegeri.

Kemudian, akun @syakurtombo menuliskan “Apapun yang kalian tuduhkan kepada kami, Banser tetap setia kepada NKRI,” #BanserUntukNegeri.

Menaggapi isu tersebut, Ketua PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulsel Rusdi Idrus mengatakan, pembubaran Banser yang ramai beredar di Twitter tidak dapat mewakili Masyarakat Indonesia. Pihaknya menduga hal tersebut dilakukan oleh akun-akun yang abal-abal.

“Itu (cuitan warganet di Twitter) kan tidak mewakili masyarakat, dan diduga banyak akun abal-abal,” terangnya.

Pihaknya kemudian menegaskan bahwa yang dapat membubarkan Banser hanyalah ulama yang dipatuhi oleh Banser.

“Yang bisa membubarkan Banser hanya ulama yang dipatuhi oleh Banser,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, isu pembubaran Banser bukan pertama kalinya terjadi. Ketika zaman di mana PKI masih berdiri, PKI juga sempat hendak membubarkan Banser. Namun, justru PKI-lah yang dibubarkan oleh pemerintah.

Solusi untuk mengatasi penyebaran isu-isu hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan tersebut, Kata Rusdi, adalah pemerintah harus tegas dalam menegakkan hukum atas berita hoax dan dengan menonaktifkan akun-akun yang tidak jelas siapa pemiliknya.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Menjaga Kondusifitas Daerah Pasca Pemilu 2019 dalam Bingkai Kebhinekaan

wali-news.com, Bandar Lampung – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor