Sabah, Destinasi Baru untuk Liburan Berbeda

Sabah, Destinasi Baru untuk Liburan Berbeda

0

wali-news.com – Biasanya bila mendengar kata Malaysia, yang tertanam dalam benak kita adalah kota Kuala Lumpur yang gemerlap atau Penang yang berlimpah kuliner lezat. Namun, untuk para petualang yang menginginkan pengalaman liburan berbeda, bisa mengarahkan perjalanannya ke Sabah.

Sabah yang berlokasi di utara Pulau Kalimantan ini juga memanjakan pengunjungnya dengan garis pantai sepanjang 1.500 kilometer yang menghadap Laut China Selatan, Laut Sulu dan Laut Sulawesi. Mengandalkan Kota Kinabalu sebagai pintu gerbangnya, Sabah menawarkan banyak aktivitas seru untuk liburan yang berbeda.

Sebagai pusat pemerintahannya, Kota Kinabalu juga tak kalah semarak dengan Kuala Lumpur. Di sini pengunjung bisa mengeksplor berbagai atraksi, seperti Tunku Abdul Rahman Park, Lok Kawi Wildlife Park, Gaya Street Sunday Market, KK Wetland Centre, Sabah State Museum, Tun Mustapha Tower dan landmark kota lainnya.

Budaya yang unik

Begitu tiba di Kota Kinabalu, pengunjung akan langsung disambut dengan masyarakat Sabah yang sangat mencintai budaya lokalnya. Kunjungi Monsopiad Cultural Village dan Mari-Mari Cultural Village akan menjadi pengalaman unik karena desa wisata ini mengajak pengunjungnya untuk mengenal lebih dekat budaya lokal. Selain bisa melihat langsung rumah adat dan peralatan rumah tangga tradisional, di sini juga dipentaskan tari-tarian dan demo membuat api secara tradisional serta belajar menggunakan senjata tradisional untuk berburu.

Pengunjung juga bisa melihat langsung tamu (pasar tradisional) yang ada di daerah ini sekaligus belanja cinderamata berupa kerajinan tangan yang dibuat secara handmade oleh para penduduk lokal.

Kembali ke alam

Jangan melewatkan kunjungan ke Kinabalu Park yang merupakan taman nasional pertama di Malaysia dan juga sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000. Setelah menjelajahi alamnya yang asri, pengunjung bisa mengunjungi Kampung Luanti yang terkenal dengan pemandian air panas alaminya.

Di sini pengunjung juga bisa mengunjungi Sandakan yang merupakan destinasi eco-tourism seperti Sepilok Orang Utan Sanctuary, Rainforest Discovery Centre, Labuk Bay Proboscis dan Sukau yang merupakan kawasan perlindungan gajah Borneo dan Badak Sumatera.

sabah_tourism-borneo-divers-pic_208-768x512

Menjelajahi pulau eksotis

Sabah jugha terkenal dengan pulau-pulau eksotis di sekelilingnya. Beberapa di antaranya bahkan lokasinya tak jauh dari Kota Kinabalu:

  • Tunku Abdul Rahman Park

Terdiri dari lima pulau, yaitu: Gaya, Sapi, Manukan, Mamutik, dan Sulu, lokasinya hanya 15 menit dari Kota Kinabalu dan sangat cocok untuk yang ingin melakukan diving dan snorkeling dengan daytrip.

  • Tun Sakaran Marine Park

Kawasan yang terdiri dari delapan pulau ini tersebar seluas 100 kilometer persegi dengan koral yang masih sehat. Pulau-pulaunya adalah Sabangkat, Tetagan, Maiga, Sibuan, Mantabuan,  Gaya dan Bohey Dulang dan bisa dicapai dengan 30 menit penyeberangan dengan speedboat dari Semporna.

  • Pulau Mabul

Tempat sempurna bagi penyuka fotografi bawah laut. Di sinilah sanctuary ikan terbesar di Asia.

  • Pulau Sipadan

Merupakan situs diving kelas dunia yang bisa ditempuh satu jam dari Semporna. Highlight di sini adalah menyelam bersama hiu, ikan barakuda, dan penyu.

Bermain golf

Saat ini Sabah memiliki beberapa padang golf berkelas internasional yang terletak di berbagai area. Pecinta golf bisa memilih untuk bermain di tengah kota, di pinggir laut, dekat perkebunan atau di atas bukit dengan pemandangan menawan.

sumber : panorama magz

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Alami Lumpuh, Nurdin Warga Butuh Cot Jurumudi Arongan Lambalek Butuh Perhatian

wali-news.com, Meulaboh – Sejak jatuh sakit, kondisi Nurdin