Seorang Petugas BPBD Aceh Barat Jatuh Pingsan Saat Memadamkan Karhutla Dan Dilarikan Ke RSU CND

Seorang Petugas BPBD Aceh Barat Jatuh Pingsan Saat Memadamkan Karhutla Dan Dilarikan Ke RSU CND

0

wali-news.com, Meulaboh – Seorang Petugas BPBD Aceh Barat pingsan saat sedang melakukan pemadaman api sekitar jam 17.00 wib. Petugas terjatuh diduga akibat kelelahan dan terhirup asap yang tebal pekat.

“Sebelum pingsan, korban M. Abas (35) sempat muntah dengan kondisi lemas dan tak lama kemudian korban terjatuh, lalu korban kita selamatkan dan dilarikan ke Puskesmas Layung, Kecamatan Bubon. Aceh Barat.” Kata Mukhtaruddin, S.Sos, M.Si Kepala BPBD Aceh Barat. Sabtu, (3/8/19) malam. di RSD CND Meulaboh.

Mukhtaruddin menjelaskan, korban sempat ditangani oleh petugas medis di Puskesmas, karena kondisinya parah lalu di putuskan untuk dirujukkan ke Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh, untuk mendapatkan perawatan lebih intensif. “Kondisi korban saat ini sudah sadar, Alhamdulillah sudah mulai membaik.”

Menurutnya, petugas bekerja terlalu lelah untuk melakukan pemadam kebakaran lahan, yang dimulai sejak pagi sampai siang, setelah istirahat sambung lagi hingga sore hari.

Atas insiden ini, kita berharap ada bantuan alat pemadam kebakaran yang lebih canggih baik dari BPBA Provinsi maupun dari BNPB pusat. Agar proses pemadaman Karhutla bisa di atas dengan cepat.

“Alat yang kita butuhkan hanya mesin air yang canggih, bahkan helikopter bom air untuk memudahkan pemahaman api, sehingga kebakaran lahan cepat teratasi dan tidak meluas,” ujar kepala BPBD Aceh Barat.

Dikatakannya, kebakaran hutan dan lahan gambut mencapai 130 hektare yang tersebar dibeberapa wilayah di Aceh Barat, yakni kecamatan Johan Pahlawan, Bubon dan Woyla Barat.

“Pada gelombang pertama, kebakaran lahan seluas 70 Hektare dan sempat padam karena turun hujan, namun akibat kemarau api kembali muncul dan membakar lahan mencapai 50 hektar,” jelasnya. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Di Malaysia, Rektor UTU Jadi Keynote Speaker ISSK UPM

wali-news.com, Meulaboh – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU)