Setelah 500 Tahun, Kini Saatnya Alam Peudeung Kembali Berkibar

Setelah 500 Tahun, Kini Saatnya Alam Peudeung Kembali Berkibar

0

wali-news.com, Banda Aceh – Setelah 500 tahun berlalu, kini saatnya bendera Kesultanan Aceh, yang merupakan simbol kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam di masa lampau, Alam Peudeung, dianggap pantas untuk kembali dikibarkan di bumi rencong.

Pendapat itu dilontarkan aktivis HAM, Ronny Hariyanto, menanggapi antusiasme publik pada bendera Aceh tersebut akhir – akhir ini.

” Banyak orang kini berharap, Alam Peudeung yang perkasa itu dapat kembali berkibar di bumi Aceh, setelah 500 tahun lamanya” kata Ronny, Senin, 29 Juli 2019.

Ronny meyakini, bendera Alam Peudeung mampu menjadi simbol pemersatu dan semangat pembangunan demi kemajuan Aceh di masa depan.

” Alam Peudeng bisa jadi bendera masa depan bagi Rakyat Aceh, ” tegas putera Idi Rayeuk berdarah Aceh -Minang tersebut mengumbar pandangan sosialnya.

Ronny berpendapat, Rakyat Aceh berhak memiliki pandangan dan pilihanya sendiri terkait bendera yang sesuai dengan konteks historisnya.

” Dalam perspektif HAM, terutama perspektif sipil dan politik, rakyat Aceh berhak menentukan pilihan, tapi kan harus sesuai dengan landasan sejarahnya,” tukas Ronny.

Dalam pernyataannya itu, ronny juga kembali mendorong DPRA untuk segera mengesahkan bendera Alam Peudeung sebagai Bendera Aceh sebagaimana yang dimaksud.

” Sejarah membuktikan, Alam Peudeung merupakan satu – satunya bendera Aceh di masa keemasannya dulu, jadi tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk itu,” cetus Ronny.

Dia berharap, simbol kejayaan Aceh itu segera berkibar kembali, agar Aceh dapat segera fokus menatap masa depan.

” Akan sangat membanggakan dan bakal memompa semangat kita semua, jika Alam Peudeung sudah dapat dikibarkan kembali sebagaimana mestinya diseluruh Aceh sebagai simbol keagungan budayanya dalam suka cita, atas nama bangkitnya simbol kejayaan sejarah,” pungkas Ronny menutup keterangannya.(red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh РPersonil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus