Sidak DPRK Aceh Barat, Temukan Alat Medis Modern Terbengkalai di RSUD CND Meulaboh

Sidak DPRK Aceh Barat, Temukan Alat Medis Modern Terbengkalai di RSUD CND Meulaboh

0

wali-news.com, Meulaboh – Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Aceh Barat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien (RSUCND) Meulaboh, Aceh Barat. Selasa, (5/3/19).

Dalam sidak tersebut para anggota legesatif tersebut menemukan sejumlah alat medis bernilai miliaran rupiah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten tahun anggaran 2018 belum difungsikan.

Dilokasi pihak DPRK Aceh Barat menemukan beberapa kejanggalan seperti alat medis yang rusak serta alat medis yang belum difungsika. Yakni, alat penghancur batu ginjal atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) dan alat kateterisasi jantung dan angiografi (Cath Lab), pengadaan tahun 2018 senilai Rp18,7 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Kita sangat heran dan kuatir atas belum difungsikan alat medis tersebut. Padahal nilainya mencapai 18,7 miliar secara ke seluruhan. Harusnya alat ini sudah berfungsi tidak terbengkalai seperti ini, kita tidak tahu kenapa belum berfungsi, apakah tidak ada SDM (Sumber Daya Manusia-red) terhadap alat yang terbilang canggih ini,” Kata Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli SE kepada wartawan. Selasa, (5/3/19).

Menurutnya jika alat tersebut setelah dibeli tidak berfungsi lantaran tidak adanya SDM maka pengadaan alat tersebut terkesan dipaksakan, harusnya sebut Ramli pihak manajemen menyiapkan terlebih dahulu SDM-nya baru membeli alat medis tersebut.

Ramli juga mencurigai pengadaan alat tersebut tidak dilakukan dengan sistem e-katalog. Kecurigaan tersebut muncul, lantaran dalam pengadaan alat medis tersebut dengan sistem kontrak.

“Kalau e-katalog dia biasanya langsung dengan perusahaan produksi. Merek Sharp maka langsung dari perusahaan Sharp, jadi tidak ada pakai kontrak-kontrak lagi. Ini aneh kok masih ada istilah kontrak,” ujarnya. (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Di Malaysia, Rektor UTU Jadi Keynote Speaker ISSK UPM

wali-news.com, Meulaboh – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU)