Sigupai dan Batat Tungang Abdya, Menjadi Varietas Nasional Indonesia

Sigupai dan Batat Tungang Abdya, Menjadi Varietas Nasional Indonesia

0

Wali-news, Banda Aceh- Keberhasilan tanam serentak setahun tiga kali yang di gagas Bupati Abdya Akmal Ibrahim,  kini berdampak positif, selain kesejahteraan yang mulai di rasakan petani, Hal itu berdampak pada angka kemiskinan mulai turun di Kabupaten berjuluk negeri Tengku Peukan itu.

Hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Aceh, sukses dengan bibit padi Varietas Batat tungang, Sigupai dan Sambe, membuat Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Merekomendasikan ke-3 Varietas itu menjadi bibit unggulan Nasional.

Seperti yang di sampaikan Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, A Hanan, SP, MM, Rabu (28/10/2020) di Banda Aceh, Menurutnya ke-3 Varietas itu akan mewakili bibit padi unggul Provinsi Aceh yang akan di lepas oleh Kementrian Pertanian Indonesia menjadi bibit unggul Nasional.

Lanjut Hanan, Sigupai dan Batat Tungang dua dari bibit padi tersebut merupakan asli dari Kabupaten Aceh Barat Daya, sementara Sambe merupakan bibit padi andalan Simeulue, juga di lepas menjadi bibit unggulan dari Kabupaten Abdya.

” sedianya varietas padi ini di lepas pada akhir November ini, setelah  sidang terakhir yang di gelar oleh Kementrian Pertanian RI, sebelumnya uji adaptasi di tujuh Provinsi telah di lakukan, sebagai persyaratan dasar,  jadi dengan sendirinya resmi menjadi Bibit unggul Nasional “, Jelas A.Hanan.

Di tambahkan, bila sudah menjadi Varietas unggulan Nasional maka bibit ini sudah dapat di peroleh di seluruh Provinsi di Indonesia.

Tentu kita patut berbangga dengan pencapaian ini, dimana bibit padi kita menjadi Varietas unggulan Indonesia, dengan sendirinya Sigupai, Batat Tungang dan Sambe sudah memiliki Sertifikat Paten atas benih tersebut.

Dari hasil ke tiga Varietas itu juga sangat luar biasa saat uji coba dilakukan, dalam satu Hektarnya mampu menghasilakan 12 ton, dan umurnya juga tergolong cepat hanya 99 hari hingga 113 hari, kepada petani di Aceh kita me-referensikan Varietas ini nantinya, Tutup A.Hanan, SP, MM.(CMA)

Editor : Chairan Manggeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

DPW PNA Kota Banda Aceh Sambut Milad Dengan Doa Bersama

Wali-news, Banda Aceh- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai