Siswa Arongan Panen Black Madras

Siswa Arongan Panen Black Madras

0

Wali-News (Meulaboh) — Tanaman padi varietas Black Madras yang ditanami oelh para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Arongan Lambalek, Aceh Barat di lahan pinjaman yang diberikan kelompok tani Gampong Cot Buloh, kecamatan setempat sejak bulan November 2017 lalu kini siap panen, Sabtu (10/2/2018).

Tanaman padi bewarna padi tersebut ditanami oleh para siswa dengan luas lahan mencapai satu hektar, panen perdana membuat para siswa yang telah menanamnya dengan alat seadanya terlihat begitu bergembira, walaupun status sekolah mereka yang masih swasta.

Panen dihadiri oleh Babinsa Koramil Arongan Lamnalek, Babinkatibmas Polsek setempat, kepala sekolah serta pihak dinas pendidian dan warga setempat.

Kepsek SMK 1 Arongan Lambalek, Mai Shafriati S.Pd menuturkan, kegigihan para siswanya untuk membudidayakan tanaman padi asal Negeri Sakura berwarna ungu itu membuat dirinya terharu, sebab para remaja itu dari masa tanam hingga masa panen sawah yang mencapai sembilan petak dirawat dengan baik.

Dikatakannya, walaupun status sekolahnya yang berfokus pada bidang pertanian masih swasta, pihaknya tetap berniat untuk terus melakukan jenis padi black madras dengan sungguh-sungguh.

“Selain dengan warnanya ungu membuat tertarik, masa tanam hanya 110 hari dan setelah itu siap panen, apalagi kelompok tani sangat mendukung atas praktik pertanian mandiri yang dilakukan oleh para siswa, sehingga SMK 1 ini dapat berkonstribusi dalam dunia pertanian,” ujar Mai kepada wartawan saat dilokasi panen perdana.

Namun, lanjut Mai, keterbatasan alat dan sarana terkadang membuat dirinya merasa minder dengan sekolahnya, dirinya mengharapkan pihak pemerintah untuk segera merubah status sekolah dari swasta menuju Negeri agar segera bisa berbenah.

“Saat ini kita masih membutuhkan bantuan dari pihak ain untuk kegiatan sekolah, seperti praktik ini. Kita menginginkan pihak pemerintah untuk melakukan penegerian terhadap SMK 1 Arongan Lambalek,” harapnya.

Selain black madras para siswa juga menanam jenis varietas padi lainnya, Inpari, Seran, Padi Merah dan Lokal, hal itu dilakukan untuk mengasah kemampuan kemampuan serta keberimbangan antara praktik dan teori.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan