Soal Jalan Dusun Tgk Cantek, Polsek Baitussalam Akan Panggil Keuchik

Soal Jalan Dusun Tgk Cantek, Polsek Baitussalam Akan Panggil Keuchik

0
Photo: Ilustrasi, Polsek Baitussalam

Wali-news, Aceh Besar – Kepolisian Sektor Baitussalam akan memanggil Keuchik Gampong Baet, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, terkait proyek jalan di Gampong tersebut. Pemanggilan untuk memastikan apakah proyek yang menjadi sorotan warga tersebut telah dikerjakan sesuai ketentuan.

“Surat undangannya (pemanggilan) sudah kita buat, Nanti akan kita kirimkan ke keuchik desa bersangkutan,” kata Kapolsek Baitussalam Ipda Safrizal melalui Kanit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim), Brigadir Kepala Anda Fajri, Kamis (18/06/2020).

Safrizal mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Kepala Kepolisian Kota Banda Aceh karena terkait penggunaan dana desa masuk dalam ranah Tindak Pidana Tertentu (Tipiter). Begitupun kata Safrizal, pihaknya belum dapat memastikan apakah proyek jalan di gampong tersebut telah memenuhi unsur adanya tindak pidana.

“Kami belum bisa pastikan ada atau tidaknya (tindak pidana). Makannya kami berencana mengundang kepala desannya. Jadi bagaimana-bagaimanannya nanti kami sampaikan kepada pers, karena kita Pulbaket (Pengumpulan Bahan dan Keterangan) dulu,” kata Safrizal.

Menurut Safrizal, proses pemanggilan Keuchik Gampong Baet sebenarya telah beberapa hari diagendakan pihaknya setelah menerima keluhan warga. Namun, rencana tersebut tertunda akibat kesibukan penanganan Covid-19.

“Sudah lama sebenarnya kita agendakan (pemanggilan) tapi mungkin baru kali ini ada waktu sehingga kita langsung berkordinasi dengan Kapolresta Banda Aceh. Untuk proyek ini memang tidak ada yang melapor tapi di media sosial sudah mencuat. Apalagi ini bukan delik aduan,” kata Safrizal,

Seperti diberitakan, proyek jalan di Gampong Baet Kecamatan Baitussalam Aceh besar menuai sorotan warga karena diduga dikerjakan asal jadi. Melalui akun media sosialnya, beberapa yang kesal menyorot kondisi jalan yang mulai rusak meski baru selesai dikerjakan.

Warga mengunggah foto-foto yang memperlihatkan kondisi jalan yang mulai berlubang serta rusak ke akun media sosial. Mereka kesal karena menilai jalan tersebut tidak dikerjakan sesuai anggaran yang di anggarkan yakni sebesar Rp 160 juta, dari dana desa Baet Tahun 2020.

Baca Juga: Diduga Mutu Kurang, Sebulan di Aspal Jalan Dusun Tgk Cantek Kembali Rusak

” Undangan panggilan sudah kita buat mungkin dalam beberapa hari kedepan akan kita kirim keuchik bersangkutan. Nanti perkembangannya akan kita sampaikan,” pungkas Safrizal.

Safrizal mengingatkan agar kepala desa khusunya di Kecamatan Baitussalam berhati-hati dalam penggunaan dana tersebut. “Kami mengimbau agar digunakan sesuai ketentuan yang ada. Karena sosialisasi terkait penggunaan dana desa ini sebenarnya telah sejak lama disampaikan jadi tentu ini sebenarnya telah dipahami oleh para kepala desa,” pungkas Safrizal.(CMA)

Editor : Chairan Manggeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Taqwallah Resmikan Pasar Al Mahirah Lamdingin Kota Banda Aceh

Wali-news, Banda Aceh – Peresmian Pasar Al Mahirah Lamdingin