Solidaritas Kemanusiaan untuk Uighur

Solidaritas Kemanusiaan untuk Uighur

0

Wali-news.com – Dukungan kebebasan menjalankan ibadah muslim Uighur di Xinjiang terus disuarakan dunia. Amnesty International menyebut etnis Uighur menghadapi deskriminasi dan pembatasan dalam menjalankan ibadah.

Represi dan diskriminasi terhadap muslim Uighur di Xinjiang semakin menjadi sorotan. Sejumlah tokoh turut menyuarakan dukungan kepada muslim Uighur. Salah satunya pemain bola kelas dunia Mesut Ozil. Sejumlah organisasi masyarakat berbasis Islam pun turut menggaungkan dukungan.

Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur Seyit Tumturk dalam kunjungannya beberapa waktu lalu ke kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Jakarta mengungkapkan, selama tiga tahun Pemerintah Cina telah mengingkari keberadaan kamp yang mengurung jutaan orang Uighur di Xinjiang, mereka didiskriminasi dan dilarang beribadah.

“Pemerintah Cina mengakui adanya kamp rehabilitasi dan kamp pendidikan, ini adalah suatu bukti adanya kamp tersebut,” kata Tumturk melalui penerjemah Kamis (28/11) lalu.

Sejauh ini, Tumturk menjelaskan, Majelis Nasional Turkistan TImur telah mencari dukungan sejumlah pihak, termasuk di Indonesia. Ia juga amat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memberi dukungan moral berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Cina di Jakarta Desember 2018 lalu.

Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin mengatakan, sebagai lembaga kemanusiaan, ACT akan selalu mendukung Uighur melalui ranah kemanusiaan. Sejauh ini, ACT mengedepankan sejumlah program-program untuk mendukung kehidupan Muslim Uighur, terutama diaspora dan anak-anak yatim Uighur.

Sepanjang tahun 2019 lalu antara lain, bantuan musim dingin, bantuan pangan, dan pakaian muslim di Turki, bantuan pendidikan untuk sejumlah anak-anak Uighur yang bersekolah di luar negeri.

“ACT sebagai lembaga kemanusiaan, memberikan dukungan berupa bantuan kemanusiaan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa menjadi penyemangat hidup untuk saudara-saudara kami Uighur, serta membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi kemanusiaan,” terang Ahyudin. (azizah)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dukungan Terhadap Balon Kepala Desa Abdul Rahman

Dukungan Terus Mengalir, Dukung Abd.Rahman. S.Sos pada Pilkades