Tahap II Pemilihan Rektor Unpatti Periode 2020 – 2024

Tahap II Pemilihan Rektor Unpatti Periode 2020 – 2024

0

wali-news.com, Ambon – Universitas Pattimura sedang melaksanakan pemilihan Rektor yang baru untuk periode 2020 – 2024 dan sekarang telah sampai ke tahap II. Pemilihan ini merupakan agenda yang dipercepat, awalnya Senat Unpatti menjadwalkan pemilihan Rektor akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2019 mendatang, namun dimajukan menjadi tanggal 18 Oktober 2019 pukul 10.00 WIT di Kampus Unpatti.

Terdapat 3 orang calon yang akan bersaing, yaitu Prof. Marthinus Johanes Septeno (Rektor Aktif/Hukum) yang memiliki 30 suara senat, kemudian Prof. Ir. Soleman Wellem Re­traubun (Dir. Pasca Sarjana) yang memiliki 19 suara Senat, dan Prof. Pieter Ka­ki­sina (Dekan FMIPA) yang memiliki 9 suara Senat.

Meskipun Prof. Marthi­nus Johanes Septeno sudah memiliki 30 suara Senat, belum menjadi jaminan ia akan kembali terpilih untuk periode yang kedua kalinya. Hal ini karena seluruh Bakal Calon Rektor lain yang tidak terpilih dalam 3 besar kemungkinan akan bersatu dan memberikan dukungannya untuk Sdr. Prof. Ir. Soleman Wellem Retraubun.

“Percepatan pemilihan Rektor Tahap II adalah sesuatu yang wajar,  karena agenda awal yang sudah ditetapkan sebelumnya masih bersifat tentatif. Percepatan pemilihan Rektor Tahap II dilakukan karena mengikuti/menyesuaikan dengan jadwal Menristekdikti RI,” ucap Civitas Akademika Unpatti lainnya.

Melalui pemilihan Rektor Tahap II nanti, Menristekdikti RI berkesempatan memberikan suaranya untuk salah satu dari 3 orang Calon Rektor. Suara tersebut pada hakikatnya adalah suara Presiden RI yang didelegasikan kepada Menristekdikti. Untuk bobot suara Menristekdikti itu sendiri ada sekitar 35 atau 37 %, sedangkan sisanya adalah suara Senat Unpatti.

 

(SSDF)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dukungan Terhadap Balon Kepala Desa Abdul Rahman

Dukungan Terus Mengalir, Dukung Abd.Rahman. S.Sos pada Pilkades