Tanggapan Rektor Unmuh Babel Terkait Pro Kontra Vaksin Sinovac

Tanggapan Rektor Unmuh Babel Terkait Pro Kontra Vaksin Sinovac

0
Rektor Universitas Muhammadiyah Babel Fadillah Sabri

Pangkalpinang, Wali-news.com Pada Januari 2021 mendatang pemerintah merencanakan akan melakukan vaksinisasi vaksin Sinovac yang dibeli dari negara China dalam upaya pencegahan penyebara  virus Covid-19. Vaksin Sinovac yang akan dibagikan kepada masyarakat telah membuat berbagai pandangan dan pendapat ditengah masyarakat.

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel, Fadillah Sabri mengatakan Pro dan kontra terkait vaksin Sinovac disebabkan karena belum jelas adanya jaminan dari segi dampak samping dari vaksin tersebut dan jaminan kehalalan vaksin Sinovac.

“Sebelum pemerintah melakukan vaksinisasi kepada masyarakat, pemerintah melalui kementerian kesehatan harus menjamin bahwa vaksin Sinovac tidak akan berdampak negatif pada kesehatan masyarakat dan melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) pemerintah harus menjamin kehalalan vaksin sinovac tersebut.” ujar Fadillah Sabri saat ditemui di Pangkalpinang, Kamis (7/1) 2021.

Kementerian Kesehatan dan MUI diharapkan dapat memberikan jaminan kesehatan dan jaminan kehalalan vaksin Sinovac. Muhammadiyah tidak menolak kebijakan pemerintah melakukan pembelian vaksin Sinovac sebagai solusi pandemi Covid-19, akan tetapi Muhammadiyah meminta jaminan kesehatan dan kehalalan vaksin sinovac tersebut.

“Vaksin sinovac yang dibeli dari negara China negara non muslim, perihal tersebut telah membuat keraguan masyarakat terkait kehalalan vaksin Sinovac tersebut.” Sambung Fadillah

Tidak ada jaminan dan tranparansi dari pemerintah terkait vaksin Covid-19, hingga saat ini masyarakat tidak pernah melihat reaksi dari vaksin tersebut jika diberikan kepada manusia. Pemerintah harus mempublikasi kepada masyarkat terkait reaksi dari menusia yang diberikan vaksin tersebut.

“Diharapakan pemerintah berani menyatakan bahwa pemerintah menjamin kesehatan dan kehalalan vaksin Sinovac. Jika sudah ada jaminan kesehatan dan kehalalan dari pemerintah diharapkan vaksinisasi disegerakan agar keadaan kembali seperti semula.” Tutup Fadillah. (Ra/WN)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Babel Meningkat, Begini Tanggapan HMI

Pangkalpinang, Wali-News.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di