Terkuak Tanker BBM yang Ditangkap BAKAMLA RI di Batam

0

BATAM – Badan Keaamanan Laut (Bakamla) RI meliris Kapal pengangkut minyak Permata Success 5001 yang ditangkap pada 24 September 2019 di perairan Kabil, Batam, Kepri.

Kapal berlogo Pertamina tersebut ditangkap oleh Satgasus Bakamla RI karena diduga melakukan kegiatan ilegal dengan mentransfer bahan bakar yang dibawa. Selain kapal dengan muatan 39 ton atau setara dengan 3.900 kilo liter, Bakamla juga menahan dua kapal jenis tugboat yang mendampingi.

“Setelah mendapat data intelijen, kami langsung bergerak melakukan penangkapan. Di lokasi kami meminta dokumen legalitas ternyata tidak ada.”

“Bahkan dokumen pelayaran juga tidak ada,” ujar Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksamana Pertama (Laksma) TNI NS EMbun di Pelabuhan Batu Ampar, Sabtu(28/09/2019).

Adapun bahan bakar yang dangkut kapal berjenis flame, yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran biodesel atau B20, tambah Embun.

Pada saat penangkapan, kapal jenis tanker tersebut sedang melakukan transfer bahan bakar.

“Sesuai alat pengukur, mereka tengah melakukan transfer sebanyak 14 ton, dan itu kita jadikan barang bukti,” tambahnya lagi.

Sebagai penyidikan lanjutan kasus tersebut telah diserahkan kepada Polair. Bakamla sebagai penegak hukum akan menangkap kapal-kapal yang tak memiliki dokumen lengkap dan diduga melakukan kegiatan ilegal di tengah laut.

“Yang kami lakukan hanya sebatas melihat kegiatan ilegal dan mengecek kelengkapan doumen kapal. Bila terbukti akan kami serahkan ke stakeholder yang ada, termasuk kasus kapal berlogo Pertamina ini,” tutupnya.

(Wimpi Widya)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dukungan Terhadap Balon Kepala Desa Abdul Rahman

Dukungan Terus Mengalir, Dukung Abd.Rahman. S.Sos pada Pilkades