Unaya, UPM Malaysia dan Sejumlah Universitas di Indonesia Laksanakan Seminar Serantau Seri 2

Unaya, UPM Malaysia dan Sejumlah Universitas di Indonesia Laksanakan Seminar Serantau Seri 2

0

Wali-News.com, Aceh Besar– Universitas Abulyatama (Unaya) berkolaborasi dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) dan beberapa perguruan Tinggi lainnya di Indonesia seperti Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan Universitas Halu Oleo (UHO) Makasar menyelenggarakan Seminar Serantau Seri 2, Selasa (26/10/2021)

Seminar yang dilaksanakan dari tanggal 26-27 Oktober 2021 tersebut berlangsung secara virtual.

Pembukaan seminar tersebut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono; Rektor Unaya, Ir. R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.D., IPM; Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf dan rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, dan Prof. Dr. Ismi Arif Ismail selaku pengarah Institut Pengajian Sains Sosial (IPSAS), Universiti Putra Malaysia.

Ketua panitia Prof. Madya Dr. Haliza Abdul Rahman dalam pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, seminar Serantau Seri 2 tersebut mengangkat topik terkait isu-isu masyarakat dan remaja dari berbagai bidang ilmu.

Dubes RI untuk Malaysia Hermono, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Indonesia dan Malaysia adalah dua negara anchor (Jangkar-Red) yang sangat menentukan di kawasan Asia Tenggara, oleh karena itu Indonesia dan Malaysia harus terus saling menjaga hubungan baik kedua negara untuk memperkuat kerjasama dalam berbagai bidang dengan menyediakan platform seminar seperti seminar serantau ini

“Diharapkan melalui seminar ini, hasil kajian-kajian yang di diskusikan dapat menjadi input bagi kedua belah pihak pemerintah, baik Indonesia maupun Malaysia.” Ujarnya

Menurutnya, permasalahan remaja dalam masyarakat dapat diselesaikan dan menjadi tugas bagi para pengajar dilingkungan perguruan tinggi serta pengambil kebijakan, sehingga, lanjutnya, remaja tidak mejadi beban bangsa kedepan namun sebagai aset bangsa untuk pembangunan.

Sementara itu, Rektor Unaya, Ir. R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.D., IPM, secara khusus menyampaikan bahwa keterlibatan Unaya dalam seminar serantau ini adalah bentuk eksistensi Unaya dalam diskusi isu- isu remaja dan komunitas.

“Indonesia sebagai negara berkembang juga harus mampu menjawab isu bonus demografi yang telah digulirkan oleh Universal Health Coverage (UHC) sejak 2014, dan seminar ini dapat memberikan dampak positif untuk menjawab tantangan ini, dalam hal ini generasi muda sebagai agen perubahan.” Ungkapnya. [*]

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Ikatan Alumni Abulyatama Peringati Maulid Nabi dengan Santuni Anak Yatim

Wali-News.com, Aceh Besar– Ikatan Alumni Abulyatama Aceh (IAA)