Union Busting Dibalik PHK Sepihak Yang Dilakukan PT. Sari Segar Husada

Union Busting Dibalik PHK Sepihak Yang Dilakukan PT. Sari Segar Husada

0

wali-news.com, Lampung Selatan – PHK sepihak dengan alasan habis kontrak yang dilakukan anak Perusahaan PT. Sungai Budi Grup. PT. SARI SEGAR HUSADA, terhadap anggota dan Pengurus Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Indonesia Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAI FSPMI) PT. SARI SEGAR HUSADA, Perusahaan yang berlokasi di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sabtu tanggal 29 Agustus 2020 anggota PUK SPAI FSPMI yang bekerja diperusahaan tersebut melakukan aksi solidaritas Mogok Kerja, dengan mendirikan Posko Tenda Juang didepan perusahaan, yang akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan, atau sampai ada penyelesaian yang adil, dipekerjakan kembali rekan-rekan kami yang di PHK sepihak.

Kami tidak punya pilihan, kata Bung Panji Irawan selaku pengurus PUK SPAI FSPMI PT. SSH. (yang menjabat sebagai Wakil Ketua) pada saat memimpin pendirian Posko Tenda Juang kemarin, menurutnya ditenda inilah tempat kami berdiskusi dan merumuskan semua strategi perjuangan, dan tempat kami konsolidasi.Kami memilih cara mogok dan mendirikan tenda juang ini, sudah sejalan dengan point 7 dari 10 strategi perjuangan Organisasi (FSPMI) Kami sudah tidak punya pilihan untuk melindungi diri dari kedzoliman perusahaan, inilah cara kami melindungi diri, biar publik tau apa yang terjadi sesungguhnya. Sebagai hukum sosial terhadap perusahaan yang selama ini kata orang-orang perusahaan ini kebal hukum. Kami selama ini tidak pernah mendapatkan perlindungan jaminan sosial (BPJS ketenagakerjaan) K-3 tidak memenuhi standard keselamatan, dan hak-hak normatif lainnya.

Dalam Perundingan beberapa kali perundingan Bipartite dengan Menejemen perusahaan, tidak pernah menemui kesepakatan, perusahaan memandang rendah dan meremehkan kami, karena mereka merasa anak perusahaan raksasa di provinsi Lampung ini. Dengan egonya mereka tidak mau mendengar dan mengakomudir tuntutan kami terkait hak-hak normatif kami. Kemudian kami naik kejenjang penyelesaian Mediasi di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Selatan. Kami sudah banyak mengalah, bahwa terkait hak-hak normatif itu dapat ditunaikan secara bertahap, tapi kami minta 2 orang saudara kami yang di PHK sepihak tersebut dapat dipekerjakan kembali. Dan Dinas Tenaga Kerja Lampung Selatan telah mengeluarkan Surat Anjuran, agar 2 orang saudara yang di PHK untuk dipekerjakan kembali. Tapi apa yang terjadi, bukannya melaksanakan Anjuran menejemen perusahaan malah melakukan PHK kembali kepada 2 orang anggota kami, hingga menambah daftar korban PHK terhadap anggota kami menjadi 4 orang.

Kalau diruntut dari kronologis kejadian PHK yang dilakukan oleh anak perusahaan PT. Sungai Budi Grup tersebut berawal dari tuntutan para karyawan anggota PUK SPAI FSPMI PT. Sari Segar Husada atas pelanggaran Hak-Hak Normatif Pekerja oleh perusahaan, dimana Hak Normatif adalah Hak Melekat yang tidak boleh dilanggar oleh Pengusaha dan harus dipenuhi. Adapun Hak-Hak Normatif yang di Langgar oleh PT. Sari Segar Husada antara lain :

  1. Peraturan Perusahaan yang tidak pernah disosialisasikan dan salinan’a tidak pernah diberikan kepada pekerja.
  2. Status Hubungan Kerja yang tidak sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan.
  3. Upah Tidak Sesuai Upah Minimum Kabupaten Lampung Selatan.
  4. Hari Libur Nasional, Sakit, Cuti, Izin, dll Tidak dibayar.
  5. Tidak diikutsertakan di dalam Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
  6. K3 Tidak diberikan.

Itulah sebagian Kecil Hak Normatif yg di langgar oleh PT. Sari Segar Husada.

Bukannya memenuhi kewajibannya akan hak normatif karyawan, perusahaan tersebut justru malah melakukan serangkaian PHK terhadap 4 orang anggota PUK SPAI FSPMI.

Sikap perusahaan yang tidak mematuhi peraturan dan perundang-undangan Ketenagakerjaan tersebut, mencerminkan lemahnya peran fungsional Pengawas Ketenagakerjaan (Labour Inspaction) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung. (Sumber : Rilis)

Editor : Ikhsan

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

APSI Lampung Gelar Ujian Profesi Advokat

wali-news.com, Bandar Lampung – Ujian Profesi Advokat (