UNTRIB Kalabahi Siap Wisudakan 244 Mahasiswa

UNTRIB Kalabahi Siap Wisudakan 244 Mahasiswa

0

wali-news.com, Kalabahi, Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi – Alor, pada 30 Oktober 2019 nanti menggelar Rapat Senat Luar Biasa dalam rangka wisuda angkatan ke VIII bagi 244 mahasiswa. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Aula Gedung Perjuangan Batu Nirwala, Kelurahan Welai Timur.

Rektor UNTRIB Kalabahi Alfonso Gorang ketika diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, (24/10/19) menjelaskan, 244 calon wisudawan itu tersebar di 10 program studi dan 5 fakultas. Acara wisuda akan dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Rektor menjelaskan, sebelum puncak acara tersebut UNTRIB Kalabahi juga mengagendakan sejumlah rangkaian kegiatan. Seperti seminar nasional tentang lingkungan hidup. Seminar ini menghadirkan dua narasumber yakni Wakil Dekan II Fakultas MIPA Unhas Makassar Dr. Sci. M. Zakir, M.Si dan Dr. Roddialek Pollo, M Si.

“Senin, 28 Oktober sebelum kegiatan seminar nasional, nanti dilakukan upacara dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Kegiatan ini akan dihadiri 800 orang peserta sesuai undangan yang dikeluarkan panitia. Kesempatan ini ketua BEM akan memandu pengucapan sumpah pemuda dan diikuti seluruh peserta seminar yang hadir,” jelas Rektor Alfonso.

Dia menyebut, pada Selasa 29 Oktober, dilakukan ibadah syukur bagi calon wisudawan. Selanjutnya pada Rabu 30 Oktober diselenggarakan rapat senat wisuda bagi 244 mahasiswa sekaligus peresmian gedung Rusunawa dan gedung Balai Latihan Kerja (BLK).

Bangun Gedung LEP 2 Lantai 16 Ruang

Rektor UNTRIB Alfonso Gorang menjelaskan, setelah puncak acara wisuda selesai, dilanjutkan peresmian gedung Rusunawa dan gedung BLK serta peletakan batu pertama pembangunan gedung LEP pembelajaran terpadu. Seusai wisuda, semua peserta dikerahkan ke lokasi peresmian gedung tersebut.

Ia menyebut, pembangunan ini melalui anggaran APBN Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Konstruksi bangunan 2 lantai dengan kapasitas 16 ruang. “Pembangunan LEP pembelajaran terpadu 16 ruang, terdiri dari LEP peradilan semu yang berfungsi untuk belajar beracara. Ada juga LEP ekonomi, pertanian, biologi dan kimia,” jelas Alfonso.

Sementara itu, untuk BLK atau UPT Fokasi Non Gelar, setelah dilakukan peresmian akan difungsikan untuk kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Pelatihan yang dilakukan adalah manajemen bisnis administrasi berbasis bahasa Inggris.

“Contoh seperti di reception hotel, pelatihan tentang bagaimana melayani tamu dalam berbahasa Inggris. Penerimaan peserta pertama berjumlah 16 orang peserta yang sekurang-kurangnya memiliki besik di bahasa Inggris,” katanya.

Peserta yang lulus dalam kegiatan pelatihan BLK ini bisa bekerja di berbagai dunia usaha. Rektor menyebut, out put dari kegiatan pelatihan ini ketika mahasiswa selesai mengemban studi akademisi mereka juga akan memiliki keterampilan. Selain mahasiswa, masyarakat umum juga bisa mengambil bagian untuk mengikuti kegiatan pelatihan.

Alfonso menyatakan, ada tenaga pelatihan bersertifikat yang disiapkan UNTRIB. “Sebelumnya tenaga latihan ini untuk menjadi instruktur mereka diundang oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI untuk mengikuti pelatihan. Tenaga pengajar di BLK UNTRIB atas nama Christin Takalapeta,” ujarnya.

Sebelumnya, ketua panitia Adolfina Oualeng menjelaskan segala persiapan menuju rangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik. Ia menyebut, untuk kegiatan seminar, selain dua narasumber nasional yang hadir, ada juga narasumber lokal dari kampus UNTRIB Kalabahi.

“Narasumber lokal dari UNTRIB itu atas nama Eunike Molebila, S.Th, M.Th selaku ketua prodi IPTH dan dua Dosen Progdi Kimia Faryda Y.L. Kolly, S.Pd, M.Sc dan Martasiana Karbeka, S.Si, M.Sc,” jelasnya.

Adolfina menyebut, konsep kegiatan seminar ini tentang bagaimana manusia memelihara lingkungan dengan baik. Minimal peran pemuda dalam melihat lingkungan sekitar bukan saja di lingkungan alam tetapi juga dalam lingkungan sosial. (Ikhsan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sampah dan Aroma Busuk Masih Menyelimuti Bibir Pantai Losari

wali-news.com. Makassar – Masih nampaknya kumpulan sampah yang