Warga Aceh Barat Pengikut Tarekat Syattariyah Lebaran Hari Ini, Kemenag : Tetapkan 1 Syawal Pada 5 Juni 2019

Warga Aceh Barat Pengikut Tarekat Syattariyah Lebaran Hari Ini, Kemenag : Tetapkan 1 Syawal Pada 5 Juni 2019

0

waili-news.com, Meulaboh – Masyarakat Desa Lek-Lek, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat hari ini melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 H di masjid Babul Hidayah desa setempat, Senin, (3/6/19).

Sebelumnya warga yang mengikuti Tarekat Syattariyah, Habib Muda Peulukung dan anak habib yakni Abu Habib Qudrat Seunagan, kabupaten Nagan Raya juga melaksanakan Ibadah puasa pada 4 Mei 2019.

“Ini adalah perintah dari guru kami, karena puasa sudah genap 30 hari dan kami akan tetap mengikuti, ” Ujar Zakaria salah seorang imam masjid desa tersebut.

Zakaria mengatakan, ada empat desa di Kacamatan Panton Reu yang hari ini juga melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah. Diantaranya yaitu, Desa Gunung Mata Ie, Desa Lek-Lek, Desa Balang Bale, dan Desa Babah Krueng.

“Sebelumnya warga di desa tersebut juga melaksanakan ibadah puasa lebih awal dua hari dari masyarakat pada umumnya yang mengikuti keputusan Kementerian Agama (Kemenag),” Tambahan nya.

Selain di kecamatan Panton Reu, hal yang sama juga dirayakan di kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, sebagian besar masyarakat juga melaksanakan shalat Ied pada hari ini.

“Meski kami sudah merayakan hari lebaran, namun untuk menghargai warga yang berpuasa, saat malam hari kami tidak melakukan takbiran keliling dan makan ditempat umum,” Ujarnya.

Ia berharap perbedaan yang terjadi dalam penentuan ibadah puasa dan hari raya bukan lah jadi satu hal yang harus di permasalahkan.

Namun Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan hasil sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1440 H atau jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 2019 lewat konferensi Pers di Kantor kemenag, Jakarta.

“Kita tadi sudah mendengarkan pemaparan dari Pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya yang menyatakan bahwa hilal di seluruh daerah di Indonesia masih di bawah ufuk. Selain itu kita juga mengamati kondisi hilal di berbagai negara,” kata Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman mengatakan, dari 105 titik tempat melihat hilal. Tim perukyat bekerja di bawah sumpah setidaknya ada 33 provinsi dari Aceh sampai Papua, Tidak satupun dari mereka yang berhasil melihat hilal,” tambah Lukman.

“Maka dengan dua hal tersebut, sebagaimana kaidah yang berlaku selama ini maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari,” katanya.

Itu artinya besok kita masih berpuasa karena besok masih Ramadhan dan Idul Fitri 1 syawal jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019. Tegas Lukman. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sekjed PPP ke Aceh, Selain Menyambangi Ulama, Gus Arwani Juga Berziarah ke Makam Abu Krueng Kalee

Wali-news.com, Banda Aceh – Sekjend DPP Partai Persatuan