YARA Aceh Utara Desak Bupati Pecat Oknum Keuchik Pelaku Kejahatan

YARA Aceh Utara Desak Bupati Pecat Oknum Keuchik Pelaku Kejahatan

0


Wali-news, Banda Aceh– Aksi brutal pembacokan yang di lakukan oleh oknum Geuchik di kecamatan Meurah Mulia, kabupaten Aceh Utara terjadi kemarin menuai tanda tanya.

Pasalnya aksi pembacokan tersebut di lakukan terhadap ketua DPC Aliansi Indonesia Aceh Utara yang merupakan LSM yang sangat aktif terhadap pengawasan penggunaan dana desa.


Aksi yang dilakukan oleh oknum Geuchik tersebut, diindikasi aksi percobaan pembunuhan berencana.


“Dalam tindakan kekeradan ini, kami melihat ada indikasi percobaan pembunuhan berencana, menurut pengakuan korban kepada kami”, terang Iskandar selaku ketua YARA perwakilan Aceh Utara, Senin, (31/09/2020).


Dalam kasus tersebut, oknum Geuchik yang melakukan aksinya terhadap Zulkarnaini pengurus lembaga Aliansi Indonesia, menyalahi aturan perundang-undangan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

yakni, Barang siapa yang sengaja dengan rencana terlebih dahulu yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang, kemudian pertanggung jawabannya dengan hukuman pidana mati atau seumur hidup atau paling lama dua puluh tahun.


Atas kejadian ini YARA Aceh Utara juga meminta kepada Bupati Aceh Utara untuk memecat oknum Geuchik tersebut.


“YARA meminta kepada Bupati Aceh Utara, supaya oknum Geuchik yang melakukan aksi brutal tersebut di pecat, karna Geuchik yang merupakan orang nomor satu di tinggkat desa seharusnya bisa menjadi contoh teladan”, jelas Iskandar.


Meski oknum Geuchik tersebut sudah menyerahkan diri kepada pihak kepolisian, YARA Aceh Utara akan terus mendampingi proses hukum kasus tersebut.

Hal itu dikarnakan korban aksi kekerasan bersenjata yang di lakukan oleh Oknum Keuchik Pulo Kitou, kecamatan Meurah Mulia tersebut tidak ingin berdamai.


“YARA akan terus kawal proses hukum ini, dan kami akan menyediakan pengacara kepada korban, karna korban tidak ingin berdamai dan kasus tetap harus di proses”, pungkasnya. (Mla).

Editor : Muzakkir

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Akhir dari penantian, PLT Gubernur Aceh hadiri rapat di gedung DPRA.

Wali-news, Banda Aceh- Plt Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah,