​Empat Hikmah Merayakan Maulid Rasul

​Empat Hikmah Merayakan Maulid Rasul

0

wali-news.com, Jantho – Marilah sama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT,atas limpahan karunia dan rahmat-Nya. Ajakan ini disampaikan Khatib Jum’at Masjid Alfaizin Teungku H.Anislullah, di Lampeuneurut kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, Jum’at (17/3)
Disampaikannya, Nabi Muhammad S.A.W diutus kebumi adalah untuk memperbaiki akhlak umat manusia, sehingga sudah seyogyanya umat manusia menjadikannya sebagai panutan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Sejak  tanggal 12 Desember tahun lalu dan berakhir hari Kamis kemarin, umat Muslim memperingati hari lahirnya rasul dengan mengharap ridha Allah semata, sehingga dengan kita peringati maulid dengan ikhlas ada empat hikmah yang akan kita capai kelak,” ucapnya.

Dijelaskannya, hikmah atau kelebihan ini adalah terlepasnya dari marabahaya dunia dan akhirat, diberikan oleh Allah kesembuhan dari segala  penyakit-penyakit,dilumpahkan  rezeki yang tidak terduga serta mendapatkan kemenangan di dunia dan akhirat.

Hikmah tersebut menurutnya baru bisa dicapai setelah kita memenuhi empat hal lainnya yang menjadi syarat utama dalam melaksanakan kenduri Maulid.

“Empat hal tersebut adalah Ikhlas,dimana kita melakukan kenduri tersebut bukan karena ingin dipandang hebat oleh orang lain,menjadikan ajang membanggakan diri,serta mendapat pujian dari manusia.Kemudian harta yang kita kendurikan berasal dari harta yang halal, bukan dari korupsi,mencuri atau menipu,” jelasnya

Dua hal lainnya adalah tidak boleh mencampuri laki-laki dan perempuan dalam kegiatan maulid tersebut serta mengutamakan kewajiban terhadap Allah.

” Ketika maulid berlangsung,antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya harus dipisahkan,karena hal ini melanggar syari’at Allah,serta utamakan kewajiban kepada Allah,jangan sampai gara-gara kita merayakan Maulid sehingga kita melewati waktu shalat,utamakan kewajiban kepada Allah,”tuturnya.

Khatib juga mengajak jamaah untuk senantiasa menjadi hamba Allah yang bertaqwa kepadaNya.

“Nah ketika semua syarat ini sudah terpenuhi maka hikmah-hikmah tersebut akan kita capai,semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bertaqwa dengan senantiasa menjalankan amal Makruf nahi mungkar,”ajaknya

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

GEMAS di Aceh Tengah, Dinsos Aceh Distribusikan 39.125 Masker Kain dan 10.785 Masker Medis

Wali-news, Aceh Tengah – Pemerintah Aceh melalui Dinas