​Rafly Kande: Rendahnya Mutu Pendidikan Aceh, Tanggung Jawab Semua Pihak

​Rafly Kande: Rendahnya Mutu Pendidikan Aceh, Tanggung Jawab Semua Pihak

0
Anggota DPD RI Asal Aceh, Rafly Kande

wali-news.com, Banda Aceh – Melihat semakin rendahnya mutu pendidikan di provinsi Aceh dewasa ini membuat banyak pihak ikut prihatin.Hal ini berbanding terbalik dimana pemerintah menganggarkan biaya pendidikan yang besar sementara mutu pendidikan semakin rendah. 

Situasi pendidikan Aceh seperti ini, seharusnya pemerintah fokus pada pembinaan pendidikan ditataran bawah.

Anggota DPD RI yang merupakan seniman Asal Aceh, Rafly Kande prihatin melihat situasi ini. Menurutnya di era sekarang susah meningkatkan mutu pendidikan tanpa diimbangi dengan moral lokal atau karakter suatu daerah.

“Karakter daerah penting untuk menjadi padanan dengan kualitas pendidikan itu sendiri. Idealnya sekarang adalah seluruh tamatan setingkat Sekolah Dasar (SD) mesti diboarding school, minimal 10 lulusan terbaik,ini dianggap penting karena era sekarang kita tidak mampu lagi membendung arus globalisasi dan penyakit sosial yang sangat luar biasa.Oleh karena itu penting upaya terpadu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh,pendidikan umum harus dibarengi dengan pendidikan agama,sehingga terbentuk karakter keAcehan,yang menjadi tolak ukur pencapaian peningkatan mutu pendidikan, ” ucapnya Selasa (27/2)

Guru yang sudah di fasilitas dengan berbagai fasilitas juga diharapkan benar-benar menargetkan pencerdasan siswanya.

“Oreantasi program pendidikan itu untuk mencerdaskan anak-anak Aceh itu sendiri, ini harus menjadi cita-cita pemerintah dan bermusyawarah untuk mensinergikannya, ” pungkas seniman yang juga mantan guru ini. 

Dia berharap setelah pemerintah bermusyawarah dan fokus mensinergikan upaya peningkatan mutu pendidikan di Aceh, ke depan Aceh mampu bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia untuk mengharumkan nama Aceh di sektor pendidikan. 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aceh Utara Dikepung Banjir, 1.430 KK Dan 4.518 jiwa mengungsi

Wali-news, Aceh Utara-Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di