90 Aparatur Gampong Ikuti Pelatihan Administrasi Pemerintah Gampong

90 Aparatur Gampong Ikuti Pelatihan Administrasi Pemerintah Gampong

0

wali-news.com, Banda Aceh – Sebanyak 90 aparatur gampong se Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan administrasi pemerintahan gampong yang diadakan di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh, Selasa (14/8/2018).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, 14-15 Agustus 2018 tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Bahagia mewakili Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Penyelenggaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DMPG) Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Sekda Bahagia mengatakan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 memberikan kewenangan lebih kepada pemerintah gampong untuk mengelola pembangunan dan keuangan mereka secara mandiri.

“Namun demikian, kita sadari bahwa saat ini masih diperlukan penyesuaian kapasitas pihak pemerintah gampong baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban keuangan gampong,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Sekda, perlu dilakukan peningkatan kapasitas bagi aparatur khususnya dalam pengelolaan administrasi pemerintahan gampong. “Dengan begitu alokasi anggaran yang cukup besar yang menjadi tanggung jawab pemerintah gampong dapat dipertanggungjawabkan dengan benar dan professional sesuai peraturan yang berlaku.”

Menurutnya, jika sistem Manajemen Administrasi Pemerintahan dan Pengelolaan Keuangan Gampong dapat dijalankan dengan baik, maka kinerja pemerintah gampong akan lebih baik dan dapat meningkatkan capaian program dan kualitas pembangunan di gampong.

“Kepada seluruh aparatur yang akan dibekali dengan materi-materi Manajemen Administrasi Pemerintahan Gampong ini, kami harapkan untuk dapat mengaplikasikan dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab nantinya,” ujarnya.

“Semoga pula pelatihan ini dapat memberikan manfaat positif dalam percepatan pembangunan gampong yang sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku serta tidak tersandung dengan permasalahan hukum di kemudian hari,” ujarnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan pihak panitia dalam pelatihan ini antara lain tenaga ahli pada DPMG Aceh, DMPG Banda Aceh, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banda Aceh, dan pihak Inspektorat. (red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus