Aceh Gratiskan Tes Covid-19, Mekanismenya Sedang Dipersiapkan

Aceh Gratiskan Tes Covid-19, Mekanismenya Sedang Dipersiapkan

0

Wali-news, Banda Aceh – Pemerintah Aceh akan menggratiskan pemeriksaan Corona Virus bagi warga di Provinsi tersebut. Pelayanan gratis diberikan untuk kebutuhan medis, administratif, maupun pada skrining massal. 

“Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid) di Aceh gratis. Baik  pemeriksaan dengan sistem Rapid Test maupun Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di RSUZA,” Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, dalam siaran pers kepada wartawan, Sabtu (30/05/2020).

Menurut Saifullah, saat ini, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanief, selaku Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Aceh, sedang mempersiapkan mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaan virus corona secara gratis di Posko Covid-19 Bidang Kesehatan, atau di rumah sakit rujukan yang ditunjuk.

“Kami akan umumkan kepada masyarakat mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaannya.  Insya Allah, Selasa besok,” kata Saifulah.

Jumlah Kasus

Sementara itu, terkait jumlah kasus Covid-19 di kabupaten/kota di Aceh, Saifullah mengatakan, hingga Sabtu 30 Mei 2020 pukul 15.00 WIB, terjadi penambahan sebanyak 8 orang pada  Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP). Adapun total ODP di Aceh sebanyak 2.041 orang.

“Dari jumlah tersebut, 53 orang masih dalam pantauan petugas kesehatan, 1.988 orang telah selesai menjalani proses pemantauan atau karantina mandiri,” katanya.

Adapun untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjut Saifulah,  sebanyak 106 kasus. Rinciannya 6 orang sedang dirawat, 99 orang telah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. PDP meninggal di Aceh tercatat 1 kasus pada Maret 2020 lalu.

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 20 orang. Rinciannya,  2 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan, 17 sembuh dan 1 orang meninggal dunia pada Maret 2020 lalu. 

“Jumlah penderita Covid-19 di Aceh memang tidak sebanyak daerah lain.  Tapi kita tetap harus waspada dan mencegah penularannya sehingga tidak terjadi penambahan kasus baru,” tutup Saifullah.(Win)

Editor: Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan