Aceh Utara Dikepung Banjir, 1.430 KK Dan 4.518 jiwa mengungsi

Aceh Utara Dikepung Banjir, 1.430 KK Dan 4.518 jiwa mengungsi

0

Wali-news, Aceh Utara-Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (05/12/2020) makin parah diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu, sementara listrik di beberapa desa juga dilaporkan padam.

Pemda Kabupaten Aceh Utara nyatakan Status Darurat Bencana Banjir terparah selama lima tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf,saat menyerahkan bantuan masa panik untuk korban banjir di KM 3 Desa Mancang Kecamatan Lhoksukon.

Penyerahan bantuan Masa panik untuk warga korban banjir di desa mancang kecamatan lhoksukon,wakil bupati Fauzi Yusuf didampingi langsung oleh Sekda, Kadis Sosial, Tagana, Dan Ketua IPSM Aceh Utara,bantuan diserahkan secara simbolis berupa,mie instant, beras minyak goreng dan Air mineral.

Menurut Fauzi Yusuf,ditetapkan status darurat bencana banjir di aceh utara,dampak yang terjadi di sejumlah lokasi yang ada 22 kecamatan berimbas terendam banjir semakin meluas.

Kondisi secara umum banjir terjadi,pihaknya mengidentifikasi lokasi terdampak banjir di 22 kecamatan diperkirakan jika curah hujan tidak berhenti maka banjir di kabupaten aceh utara semakin meluas dan tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut,cuma kita harapkan warga tetap waspada dan berhati hati kemungkinan curah hujan semakin meningkat dalam bulan ini

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara hari ini dipicu salah satunya intensitas hujan yang tinggi di wilayah Aceh dan daratan Tinggi sehingga luapan beberapa aliran air sungai menghatam 22 Kecamatan yang ada di aceh utara ribuan rumah warga ikut terendam banjir.

Menurut Informasi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara, kawasan terparah banjir terjadi di Kecamatan Matang Kuli dan Langkahan. Banjir terjadi akibat luapan sungai yang melintasi dua kecamatan tersebut.

menurutnya hujan deras di Kecamatan Langkahan, mengakibatkan batang kelapa tumbang. Rumah warga di Gampong Lubok Mane mengalami kerusakan berat akibat ditimpa pohon.

Sekitar pukul 23.00 WIB, warga dikejutkan dengan suara keras yang menghantam rumah warga. “Seorang warga bernama Ridwan, terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat kejadian itu.

Saat kejadian, korban sedang tidur di dalam rumah. Sementara anggota keluarga lain selamat dalam kejadian tersebut menurutnya.(Yan)

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Masyarakat Apresiasi Tinggi Pelayanan Terbaik Bareskrim

Wali-news, Jakarta- Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MarkPlus,