Aliansi Buruh Aceh Tolak UU Cipta Kerja

Aliansi Buruh Aceh Tolak UU Cipta Kerja

0

Wali-news, Banda Aceh- Penolakan terhadap Undang undang Cipta Kerja (Omnibus law) terus dilakukan di berbagai Daerah dan bahkan di Ibu Kota Jakarta, aksi terus berlanjut hingga saat ini.

Di Aceh penolakan juga terjadi, selain menggelar demo besar besaran penolakan terhadap UU yang tergolong di paksakan ini juga di suarakan oleh organisasi buruh.

Satu di antaranya adalah Trade Union Care Center, sebuah organisasi yang selama ini cukup gencar memperjuangkan hak buruh.

Mereka secara tegas menolak UU Cipta kerja yang di nilai tidak ada keberpihakan kepada pekerja.

Selain meminta Presidan untuk tidak menandatangani UU ini, TUCC Aceh juga meminta Presiden Jokowi meminta UU Cipta kerja yang telah di sahkan DPR-RI untuk di Cabut.

Habibi Enseun, SE Direktur Eksekutif Trade Union Care Center atau Aliansi Buruh Aceh,Jumat (09/10/2020) mengatakan, pengesahan UU Cipta Kerja mencidrai hati para pekerja dan Buruh.

Menurutnya, Pemerintah terkesan terlalu memaksakan kehedakanya apalagi kita ketahui saat ini dalam situasi pandemi Covid-19, yang seharusnya lebih fokos untuk penyelesaiannya, Kata Habibi.

” Pemerintah terkesan kejar tayang untuk menggolkan kebijakan dan peraturan yang selama ini menuai penolakan serta kotraversi “, Tegas Direktur Eksekutif TUCC.

Kita sangat kecewa dengan pengesahan 11 Classter UU ini, satu diantaranya adalah Cipta kerja, apalagi setelah kita fahami pasal pasal yang tertuang di dalamnya keberpihakan kepada buruh nihil, Lanjut Habibi.

Menggapi permasalahan ini kami atasnama Aliansi Buruh dan Social society terus berjuang untuk menyuarakan penolakan terhadap UU Cipta kerja ini.

” Kita bersama sama 32 konfederasi akan melakukan langkah langkah dan mekanisme hukum termasuk Judicial review agar UU Cipta kerja ini di cabut dan di kembalikan kepada terdahulu UU no 13 Tahun 2003 mengatur tentang ketenaga kerjaan “, Pinta Habibi.

Maka menyingkapi hal ini, demi terciptanya jaminan untuk ketenaga kerjaan, satu kata dengan teman teman Aliansi buruh,secara tegas kami suarakan agar UU Cipta kerja ini agar di cabut oleh Presiden.

Sementara, Tambah Habibi, Khusus untuk Aceh kami meminta UU no 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh sebagai landasan pengomtimalan tentang ketenagakerjaan, dan kalau UU Cipta kerja ini tetap di paksakan untuk di jalankan oleh Pemerintah, kami di Aceh meminta di perkuatkan Qanun ketenagakerjaan, Tutup Habibi.(Ww)

Editor : Chairan Manggeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Menteri Lingkungan Hidup Ceko datang Ke Aceh ajak kerjasama, Gubernur Aceh Tak Hadir Karena Postif Covid 19

wali-news.com, Banda Aceh – Menteri Lingkungan Hidup Ceko,