Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu Dapat Khitan Gratis

Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu Dapat Khitan Gratis

0

LHOKSUKON (Wali-News.com) – Ratusan anak yatim piatu dan anak kurang mampu di wilayah timur Kabupaten Aceh Utara, Aceh, dikhitan massal secara gratis, bertempat di kompleks Masjid Baitul Ghafur Desa Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Sabtu.

Panitia khitan massal, Akmal Daud mengatakan, acara yang digelar KPA/PA Daerah 1V, Samudera Pase, ini ikut didukung beberapa pihak lainnya guna membantu warga kurang mampu khususnya di Aceh Utara.

“Berkat dukungan dan bantuan berbagai pihak, maka 287 anak yatim piatu dan anak warga miskin dari Kecamatan Baktiya Barat, Baktiya, Seunuddon, Langkahan dan Tanah Jambo Aye, pada hari ini telah dikhitan gratis,” kata Akmal Daud.

Sebelum proses khitan berlangsung, kata Akmal Daud, maka para peserta terlebih dulu dipeusijuek atau ditepung tawar.

Panitia juga memberikan selembar kain sarung gratis untuk masing-masing peserta. Pihaknya berharap, program ini benar-benar bermanfaat dan dapat meringankan sedikit beban keluarga anak tersebut khususnya bidang khitan ini.

“Sementara pihak yang mebantu, maka kita doakan agar bantuannya ini dapat menjadi amal tambahan bagi mereka kelak, apalagi ini sedang di bulan suci Ramadan,” sebut Akmal Daud, yang juga pekerja sosial masyarakat di daerah tersebut.

Koordinator tim medis yang memimpin jalannya proses khitan, Ibnu Khaldun mengatakan, pihaknya melibatkan lebih dari 25 perawat dari sejumlah puskesmas yang ada di wilayah timur Kabupaten Aceh Utara.

“Kita mengingatkan agar anak-anak yang telah dikhitan ini, saat sesudah pulang nantinya agar tidak bergerak bebas seperti hari biasa. Selama belum sembuh, mereka juga masih dalam pengawasan pihak kita,” katanya.

Meski demikian, Ibnu Khaldun mengimbau, agar keluarga peserta segera melapor ke puskesmas terdekat bila terjadi sesuatu di luar dugaan. Sementara untuk pembukaan perban, pihaknya menganjurkan agar mendatangi puskesmas masing-masing kecamatan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri anggota DPR- RI H. Firmandez, Ketua DPR Kabupaten Aceh Utara, Ismail A. Jalil, Panglima KPA/PA wilayah Samudera Pase, Tengku H. Zulkarnaini bin Hamzah, Panglima Muda Daerah 1V Tengku Chik Ditunong, M. Jhony, para peserta dan para tamu undangan. []


Sumber : aceh.antaranews.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri