Api Nyaris Hanguskan Rumah di Gampong Keuramat

Api Nyaris Hanguskan Rumah di Gampong Keuramat

0

Wali-news, Banda Aceh – Kebakaran nyaris menghanguskan satu unit rumah di Gampong Keuramat Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh Ahad, (7/06/2020) pagi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian ditaksir mencapai puluhan jitu.

Informasi dihimpun wali-news, com rumah yang terbakar merupakan milik Saifullah (65) yang berada di Jalan Mangga. Api diduga berasal dari percikan api dari pembakaran sampah yang tertiup angin kencang dan menyambar salah satu bagian rumah tersebut.

” Rumah yang terbakar berkonstruksi kayu, jadi api yang semula kecil dengan cepat membesar,” kata Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono.

Menurut Dizha, meski sempat membakar dinding rumah, namun api berhasil dipadamkan warga yang cepat melakukan pemadaman.

“Berkat kesiapsiagaan api tidak sempat membesar hingga akhirnya tim pemadam kebakaran Kota Banda Aceh, tiba dilokasi,” sebut Dizha.

Menurut Dizha, belum diketahui pasti penyebab kebakaran dan paska musibah tersebut, pihaknya masih       mengumpulkan barang bukti untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran. Namun kata Dizha, kebakaran diduga pembakaran sampah di depan rumah yang terbakar, .

“Api pertama sekali dilihat oleh anak-anak korban sehingga mereka melapor ke orang tuannya. Laporan kemudian ditindaklanjuti ke Posko Pemadam di jalan Pelangi yang tidak jauh dari lokasi kebakaran,” ungkap Dizha.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan petugas menyiramankan air ke bara api yang masih menyala agar api tidak lagi membesar. Tidak ada korban jiwa, karena hanya dinding rumah Saifullah yang terbakar.

“Api berhasil dipadamkan, personel Polsek Kuta Alam melakukan pengamanan dan memasang garis polisi di lokasi untuk mengusut penyebab kebakaran,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM, menyampaikan terima kasih dan meminta warga selalu waspada dan tidak lengah.

“Kami imbau kepada seluruh warga Kota Banda Aceh, agar berhati – hati dalam melakukan pembakaran, baik sampah ataupun lainnya karena dapat memicu kebakaran. Jika terjadi kebakaran, segera laporkan kepada kami via nomor telephone emergency 113,” tutup Kepala DPKP Kota Banda Aceh. (Win).

Editor : Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan