Bawaslu : 224 Kabupaten Masuk Daerah Rawan

Bawaslu : 224 Kabupaten Masuk Daerah Rawan

0
VIVA

JAKARTA (Wali-News.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu melakukan pemetaan terhadap kerawanan pada tahapan Pemilihan Umum 2019. Kerawanan mulai dari proses pemutakhiran data pemilih dengan berdasarkan pada sub dimensi hak pilih dan partisipasi pemilih.

Dari data kerawanan tersebut, terdapat 224 kabupaten dan kota atau 43 persen yang masuk kategori kerawanan tinggi dan 290 kabupaten dan kota atau 56,4 persen yang masuk rawan sedang.

“Kondisi ini dipengaruhi oleh proses perekaman KTP elektronik yang belum selesai hingga Desember 2018,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu, Mohammad Afifudin dalam kegiatan peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 25 September 2018.

Sementara itu, kerawanan pada tahapan proses kampanye pada sub dimensi keamanan, kondisi rawan timbul karena relasi kuasa tingkat lokal, kampanye, partisipasi partai, dan partisipasi kandidat.

“Terdapat 127 kabupaten dan kota yang masuk kategori rawan tinggi atau sebanyak 24,7 persen, dan 387 kabupaten dan kota yang rawan sedang atau 75,3 persen,” ujarnya.

Kemudian, kerawanan pada tahapan pengadaan dan distribusi logistik terdapat 28 kabupaten dan kota yang rawan tinggi, dan selebihnya 486 kabupaten dan kota rawan sedang atau 94,6 persen.

Selanjutnya, tahapan pemungutan dan penghitungan suara berdasarkan sub dimensi hak pilih, pelaksana pemungutan suara, partisipasi pemilih dan partisipasi pemilih terdapat 272 kabupaten dan kota atau 52,9 persen rawan tinggi. Dan, 242 kabupaten dan kota atau 47,1 persen rawan sedang.

“Adapun tahapan sengketa pemilu terdapat 251 kabupaten dan kota atau 48,8 persen rawan tinggi dan 263 atau 51,2 persen kabupaten kota rawan sedang,” katanya. ()


Sumber : Viva.co.id

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri