Bawaslu Sulut Laksanakan Sidang Putusan Terhadap KPU Bitung

Bawaslu Sulut Laksanakan Sidang Putusan Terhadap KPU Bitung

0

MANADO (Wali-News.com) – Berdasarkan sidang yang telah dilaksanakan selama 3 kali, akhirnya Bawaslu Sulut memberikan keputusan terhadap kasus pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh KPU Bitung. Laporan dari pelapor yaitu Bawaslu Kota Bitung pada 3 Oktober 2018, pihak Bawaslu Kota Bitung menuntut KPU Kota Bitung terkait pelanggaran mekanisme pergantian calon anggota DPRD kota Bitung.

Adapun bakal calon dari partai Nasdem yaitu Anita Yaesi yang digantikan dengan Suryati Yakobus. Selain itu dari partai PKPI yaitu Refli yang digantikan dengan Yulianti Mohede.

Berdasarkan keterangan saksi (Yulianti Mohede) terhadap pergantian bakal calon Refli yang digantikan oleh Yulianti Mohede mengklarifikasi bahwa pergantian tersebut berdasarkan atas kesepakatan kedua orang tersebut. Bakal calon yang merupakan suami istri bersepakat apabila suami (Refli) mendapatkan pekerjaan yang lain, maka Yulianti tidak menghendaki suaminya menjadi caleg.

Selain itu, pada kasus Kasus pergantian bakal calon Anita Yesi dengan Suryati, Bawaslu menyatakan KPU Bitung telah melanggar peraturan KPU No. 7 tahun 2017 tentang pencalonan anggota DPRD Provinsi/Kota. Dapat dilakukan pergantian apabila bakal calon tidak memenugi syarat pendaftaran dan berdasarkan tanggapan masyarakat.

“Bawaslu Prov. Sulut memerintahkan kepada KPU Kota Bitung untuk memperbaiki segala prosedur pergantian peserta pemilu dan melakukan penetapan terhadap Daftar Calon Tetap Regional Kota Bitung. Perintah ini harus dilaksanakan paling lambat 3 hari setelah putusan ini”, ujar Mustarin Humagi selaku Ketua Majelis sidang. (AA)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa

wali-news.com, Opini – Polisi Israel dilaporkan menyerang jemaah Muslim