Belasan Hektar Lahan Gambut Milik Perkebunan PT Fajar Baizury Terbakar

Belasan Hektar Lahan Gambut Milik Perkebunan PT Fajar Baizury Terbakar

0

wali-news.com, Nagan Raya – Seluas 12 Hektar lahan gambut milik perkebunan Sawit PT Fajar Baizury, di desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. kembali terbakar pada Minggu (30/6) Pagi.

Kebakaran lahan gambut yang kian meluas, hingga saat ini belum diketahui penyebab munculnya api di lahan perkebunan sawit milik PT Fajar Baizury.

Asisten Manajer PT Fajar Baizury, Leo Dediyanto mengatakan kebakaran berawal terjadi pada hari Minggu pagi sekitar jam 11.00 di lahan yang di kuasai oleh warga.

“Pada pagi Minggu terjadi kebakaran dilahan warga, hingga siang api cepat merambah ke lahan milik perusahaan,” Ujar Leo.

Kepada sejumlah wartawan, Ia mengaku belum mengetahui apa penyebab terjadinya kebakaran sehingga api dengan mudah meluas mencapai 12 Hektar lahan yang terbakar. Rabu, (3/7/19).

Upaya yang dilakukan pihaknya dengan mengerahkan karyawan perusahaan dan menggunakan mesin Robin untuk menarik air dalam parit untuk padamkan api.

Kodim/0116 Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yulyana, SE., MM Mengatakan Saat mendapatkan informasi, ia langsung ke lokasi untuk melihat kondisi di lapangan dan mengukur berapa luas lahan yang terbakar.

Menurutnya Api sangat sulit di padamkan lantaran kondisi cuaca yang kering, dan ditambah Angin kencang, sehingga menyebabkan api mudah meluas dan susah di kontrol.

“Kita sudah mengerahkan anggota Kondim dan bekerjasama dengan BPBD Nagan raya, dan melakukan melokalisir untuk membatasi penyebaran api agar kebakaran tidak semakin meluas,” Kata Dandim

Nanak menjelaskan, bahwa kebakaran ada dua lokasi yakni di desa Kuala tripa seluas 8 Hektar dan di desa Cot Mue seluas 12 Hektar. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sambut Hari Sumpah Pemuda, Polresta Banda Aceh Gelar Vaksinasi Selama Dua Pekan

Wali-news.com, Banda Aceh – Sambut hari Sumpah Pemuda