BPS Aceh Besar Bersama ISBI Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

BPS Aceh Besar Bersama ISBI Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

0

Aceh Besar  – Dalam rangka Sensus Penduduk Tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Besar bekerja sama dengan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menggelar kegiatan Sensus Penduduk 2020 Goes to Campus. Acara ini merupakan kegiatan untuk mensosialisasikan Sensus Penduduk Tahun 2020. di gedung Aula Pertunjukan Kampus ISBI Aceh, Kota Jantho, Aceh Besar, Selasa (31/12).

Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar Irnanto,ST,M.M dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya sensus penduduk 2020 sebagai salah satunya untuk menuju satu data kependudukan yang menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Di samping itu juga dalam rangka membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik untuk sepuluh tahun kedepan, memperoleh data parameter demografis untuk keperluan proyeksi penduduk, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan daerah.

“Sensus penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi, yaitu perpaduan antara pemanfaatan data registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dan pencatatan lengkap lapangan.

Sementara itu, Wakil Rektor ISBI Aceh, Ir.Syahrizal,MT, menyambut baik langkah BPS Kabupaten Aceh Besar dalam upaya sosialisasi sensus penduduk secara online pada kampus-kampus, termasuk ISBI Aceh. Pihaknya sangat berterima kasih kepada BPS Kabupaten Aceh Besar yang telah memperkenalkan dan melakukan sosialisasi sensus penduduk di kampus ISBI.

“Dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan sensus online, kita mengharapkan mahasiswa juga bisa mensosialiasikan kepada masyarakat, harapan kita acara ini berjalan dengan baik dan mahasiswa bisa menyampaikan kembali kepada masyarakat lainnya,” Ungkapnya.

“Semoga sinergitas antara akademisi dengan BPS selalu terjalin dengan baik. Semoga pula sensus penduduk online tahun 2020 bisa berjalan lancar dan maksimal,” jelasnya.

Dalam penyampaian materi oleh Hafiz Meyzar Aqil,S.ST menjelaskan SP 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7, pada sensus Tahun 2020 ini menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah Sensus Penduduk Online.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Sensus Penduduk Online merupakan kesempatan penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan SP 2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas.

Sensus Penduduk Online akan dilaksanakan pada 15 Februari s/d 31 Maret 2020 di laman https : // sensus. bps. go. id. Dengan jargon “Mencatat Indonesia” Dalam isi materi juga menjelaskan fase pengumpulan data sensus penduduk 2020 yang terdiri dari 7 tahapan yaitu koordinasi dan konsolidasi, penyiapan basis data kependudukan, pendataan mandiri, penyusunan daftar penduduk, pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan dan pencacahan lapangan.

Kegiatan sosialisasi penduduk 2020 ini diakhiri dengan kuis dan bagi-bagi doorpize kepada peserta.(red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus