BUMG Madat Mandiri Sumber PAD Desa Madat Kecamatan Samadua

BUMG Madat Mandiri Sumber PAD Desa Madat Kecamatan Samadua

0

Wali-News.com, Aceh Selata — Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Desa Madat, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan merupakan salah satu BUMG yang cukup sukses dalam menjalankan usahanya di Aceh selatan khususnya dikecamatan Samadua. Bahkan, keuntungan BUMG tersebut saat ini sudah dinikmati oleh masyarakat setempat

Terbukti, BUMG tersebut sudah lima kali melakukan kegiatan pembagian daging meugang dan sembako untuk masyarakat Desa Madat dari hasil usaha BUMG yang dijalankan tersebut.

Selain itu, BUMG Madat Mandiri juga berhasil memperoleh penghargaan baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi. Salah satunya penghargaan juara II BUMG yang sangat inovatif.

BUMG Madat Mandiri mulai didirikan sejak tahun 2016. Awalnya, BUMG tersebut bergerak di unit usaha Air isi ulang yang di berinama “Madat Water. Selanjutnya melalui dana Desa, pada tahun 2017 mengembangkan usahanya berupa unit usaha jasa penyewaan lapangan futsall dengan nama “Real Madat.

Fitriadi, Keuchik Desa Madat Kecamatan Samadua dan Direktur BUMG Madat Mandiri Desa Madat, Ns. Yulimir, S.Kep, MKes adalah dua aktor penting dibalik suksesnya bisnis BUMG tersebut, kerja keras keduanya dengan kerjasama semua aparatur gampong dan masyarakat desa Madat yang terus berinovasi serta mengembangkan unit usaha lainnya, sehingga BUMG tersebut tidak hanya menjadi salah satu sumber pendapatan Asli Gampong (PAD) tetapi juga dapat membantu meringankan beban masyarakat setempat seperti pembagian sembako pada meugang tahun ini

“Pada tahun 2017 mencetuskan gagasan untuk mengembangkan Air Mineral Dalam Kemasan”. Jelas Fitriadi

Menurut Fitriadi, pengembangan unit bisnis berupa Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dilakukan dengan menggunakan Dana Desa yang mulai dikerjakan sejak tahun 2017 sampai dengan 2020, saat ini, sudah selesai dibangun pabrik serta fasilitas produksi AMDK lainnya.

“Saat ini kita sedang mengurus izin produksi dan syarat lainnya”. Jelas Fitriadi

Oleh sebab itu, Fitriadi berharap agar Keuchik pada periode selanjutnya untuk bisa mempercepat produksi Air Mineral Dalam Kemasan tersebut karena dirinya sudah berakhir masa pengabdiannya sebagai Keuchik.

Selain itu, Fitriadi juga berharap harapan kepada Keuchik yang terpilih, untuk terus meningkatkan hasil PAD salah satunya melalui BUMG, sehingga, lanjutnya pada tahun-tahun selanjutnya upaya untuk membantu masyarakat bisa lebih besar daripad tahun-tahun sebelumnya.

Fitriadi, juga mengungkapkan diakhir masa jabatan ini dan di tahun terakhir baginya dalam pembagian daging meugang dan sembako, ia meminta maaf kepada seluruh masyarakat desa Madat jika ada kesalahan dan kekurangan selama masa kepemimpinannya.

“Dan kita doakan semoga BUMG Madat Mandiri tetap berkembang dan melebihi apa yang sudah saya jalankan”. Pungkas Fitriadi. [MM]

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri