Catatan Kritis Pendidikan Di Indonesia

Catatan Kritis Pendidikan Di Indonesia

0
Gratia Wing Artha (Ist.)

Penulis : Gratia Wing Artha*

Pendidikan di Indonesia memiliki banyak polemik yang mana polemik tersebut mendatangkan banyak hal terutama pada berbagai macam kepentingan politik yang menghadang dunia pendidikan. Dalam hal ini dunia pendidikan di Indonesia dapat dikatakan tidak akan netral dari kungkungan beragam kepentingan.

Yang mana beragam kepentingan ini menjadikan dunia pendidikan di Indonesia terasa seperti terbawa arus yang deras, arus inilah yang menjadikan dunia pendidikan di Indonesia terasa dalam genggaman berbagai macam polemik. Polemik ini yang menjadikan gunjang – ganjing dunai pendidikan Indonesia. Bahkan, kondisi ini menjadikan masyarakat kutrang mempercayai dunia pendidikan dikarenakan dunia pendidikan tidak dapat merealisasikan ide dan konsep yang terlalu muluk – muluk.

Dari sini pendidikan kritis perlu dimulai guna membangun refleksi dan kesadaran masyarakat akan dinamika sosial sekarang ini. Perlu diketahui bahwasannya pendidikan dimaksudkan untuk mencerdaskan malah membodohkan.

Dari sini pendidikan  di Indonesia perlu melalukan koreksi dan reformasi secara besar – besaran yang mana ini dapat dilakukan melalui peran aktif pemangku kebijakan yang bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia. Memajukan pendidikan di Indonesia memerlukan kerja keras yang sangat ekstra terlebih akan menemukan banyak kendala guna menyelesaikan hal ini.

Selayaknya pendidikan harus dapat mewadahi aspirasi dan kebutuhan masyarakat, dari sini tujuan pendidikan akan dapat terlaksana dengan sebaik – baiknya. Bila ditelusuri dari perspektif sosiologi pendidikan masalah pendidikan di Indonesia terjadi karena pendidikan sangat erat kaitannya dengan politik dan ekonomi.

Kebijakan dunia pendidikan di Indonesia dijadikan sebagai basis kepentingan golongan sementara ekonomi sangat mempengaruhi kualitas pendidikan yang didapatkan oleh masyarakat. Bila dicermati secara lebih jauh kondisi pendidikan kita banyak dihadang oleh jeratan – jeratan birokrasi dimana birokrasi ini malah membuat pendidikan di Indonesia menjadi terjepit dan sangat sulit untuk berkembang.

Maka dari itu reformasi pendidikan sangat diperlukan untuk memaksimalkan pembangunan nasional. Melalui sistem pendidikan yang baik akan membawa bangsa Indonesia pada kemajuan dan pendidikan adalah basis utama bagi pembangunan manusia Indonesia. Pembangunan manusia Indonesia melalui pendidikan akan sangat berguna bagi terciptanya generasi yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi dinamika perubahan sosial.

Dinamika perubahan sosial yang ada dapat menjadi tantangan yang berat bagi generasi mendatang, namun melalui pendidikan yang baik dan berkualitas permasalahan ini pasti dapat diselesaikan. Pendidikan adalah kunci peradaban melalui pendidikan  sangat diharapkan dapat membentuk insan yang cerdas dan inovatif, dari sinilah generasi yang berkualitas Indonesia akan mampu menghadapi tantangan zaman.

*Penulis merupakan Mahasiswa S2 Sosiologi FISIP UNAIR dan Pemerhati Masalah Sosial

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Resmi Dilantik, Pengurus dan Paralegal LBH KUBI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin

Pangkalpinang, Wali-News.com – Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Untuk