Diduga Ilegal, YARA Abdya Desak pemerintah Tertibkan Usaha Burung Walet

Diduga Ilegal, YARA Abdya Desak pemerintah Tertibkan Usaha Burung Walet

0

wali-news.com – Blangpidie – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya meminta Pemerintah Aceh Barat Daya untuk menutup usaha-usaha sarang burung walet ilegal di kawasan kota Blangpidie, yang diduga tidak memiliki izin dari pemerintah setempat.
“Usaha sarang burung walet tersebut sangat menganggu warga, karena selain suaranya yang berisik, lembah sarang burung walet juga dikhawatirkan akan menganggu kesehatan warga sekitar,” ucap ketua YARA Abdya, Miswar kepada wali-news.com Rabu (1/11/2017).

Menurutnya pemerintah Aceh Barat Daya tidak adil dalam memberikan izin usaha, sebab bagi usaha warung kopi atau kios kecil yang penghasilannya tidak seberapa diharuskan memiliki izin usaha.

“Tapi mengapa dengan usaha sarang burung walet ini yang keuntungan sekali panen saja jauh lebih besar, tetapi tidak memiliki izin dari pemerintah,” kritiknya.

Dia mengatakan hingga saat ini pemerintah juga belum bertindak terkait hal itu, jika memang belum ada peraturan pihaknya berharap pemerintah daerah harus segera membongkar semua izin usaha sarang burung walet di Aceh Barat Daya.

“Kami menilai, usaha sarang burung walet ini sangat meresahkan masyarakat, karena timbul kebisingan yang sangat jelas menganggu warga sekitarnya. Apalagi pemutaran rekaman suara burung walet dari pengeras suara ini tidak mengenal waktu, bahkan saat orang sedang beristirahat siang hingga menjelang sore hari,” terangnya.

Dia berharap pemerintah Aceh Barat Daya untuk segera menertibkan atau melakukan pendataan keberadaan sarang burung walet illegal.

“Kami menilai usaha yang sudah bertahun-tahun itu sama sekali tidak memberikan kontribusi apapun kepada daerah. Dan kami menduga bangunan-bangunan tinggi yang digunakan untuk usaha sarang burung walet itu juga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan (HO) dan Izin Lingkungan, maka Pemda harus segera turun tangan,” pungkasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes Menerima Bantuan Paket Sembako Secara Simbolis Dari Indomart

wali-news.com, Bandar Lampung – Komandan Kodim 0410/KBL Kolonel