Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Aceh: Padi di Aceh Terancam Puso Akibat Kemarau Panjang

Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Aceh: Padi di Aceh Terancam Puso Akibat Kemarau Panjang

0
Kekeringan di Aceh Utara | Seputar Aceh/Iggoy el Fitra

wali-news.com, Banda Aceh – Kekeringan yang terjadi beberapa pekan terakhir yang melanda Aceh akan mengakibatkan tanaman pangan khususnya padi terancam mengalami puso. Puso adalah kerusakan tanaman pada masa pertumbuhan sebelum masa panen.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Aceh Mukhlis, SP, MA kepada wali-news.com hari ini, Selasa (25/7).

“Provinsi Aceh sedang menghadapi musim kemarau panjang akibat anomali cuaca sehingga mengakibatkan kekeringan,” katanya.

Menurutnya kemarau panjang ini mengakibatkan sumber-sumber air yang dibutuhkan tanaman, khususnya tanaman padi mengalami kekeringan.

“Air untuk mengaliri persawahan tidak tersedia mengakibatkan terganggunya pertumbuhan tanaman padi. Padi mengalami puso apalagi pada masa pertumbuhan,” kata Mukhlis.

Menyikapi hal ini, Mukhlis mengatakan pihaknya sedang melakukan peninjauan ke Kabupaten/Kota dan
berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota untuk menginventarisi dan pendataan terhadap tanaman padi milik petani yang mengalami puso.

“Hasil peninjauan sementara di beberapa Kabupaten/Kota yang sedang mengalami kekeringan yang parah Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Barat,” sambung Mukhlis lagi.

Upaya penanggulangan yang dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Aceh, menurutnya, Dinas di Provinsi telah memerintahkan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota agar mengoptimalkan penggunaan pompanisasi terhadap sawah yang telah mengalami kekeringan. Itupun bila didukung oleh sumber air yang dapat dipompa untuk mengaliri.(Ega)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan