Disdukcapil Membakar 6.312 KTP-EL Rusak

Disdukcapil Membakar 6.312 KTP-EL Rusak

0

wali-news.com, Meulaboh – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat membakar 6.312 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) karena sudah rusak.

seluruh kepingan itu dihimpun dari tahun 2011 hingga 2018. Ada pun bahan yang dimusnahkan tersebut merupakan kepingan KTP-El yang rusak dan telah dilakukan pergantian. Rabu, (19/12/18).

Muhammad Yusuf Kepala Disdukcapil Aceh Barat, mengatakan, kegiatan tersebut intruksi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka tertib administrasi dan upaya peningkatan kualitas pelayanan.

Dalam surat Edaran Kemendagri, suatu bentuk kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el yang rusak atau Invalid.
“Kita telah memusnahkan sebanyak 6.312 keping KTP-el dan telah dibuatkan berita acaranya sebagaimana perintah dalam surat edaran Kemendagri RI,” tambahnya.

Yusuf menyebutkan dari uraian poin-poin edaran itu, seluruh hasil percetakan massal tahun 2011 hingga 2013 yang ada di kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota, apabila ditemukan maka segera dilakukan pencatatan dan dimusnahkan.

“Sebelumnya kita juga melakukan langkah-langkah pengamanan terhadap tempat-tempat penyimpanan dokumen negara agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan dokumen negara”.

Pemusnahan KTP-El dilakukan dengan dikumpulkan dalam satu tempat, kemudian dibakar dengan api, pembakaran itu dilakukan oleh pejabat dan pegawai Disdukcapil Aceh Barat serta instansi terkait yang diundang dalam kegiatan itu, Tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Penemuan Tengkorak Manusia di Aceh Tengah, Polisi Lakukan Scientific Investigation

Wali-news.com, Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh